Enam Figur Potensial di Pilgub Sulawesi Tenggara 2024

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 08 Juni 2024
0 dilihat
Enam Figur Potensial di Pilgub Sulawesi Tenggara 2024
Ruksamin, Lukman Abunawas, Ridwan Bae, Tina Nur Alam, Bahtiar, dan Andi Sumangerukka enam figur potensial di Pilgub Sulawesi Tenggara 2024. Foto: Kolase

" Para kandidat yang serius bertarung di Pilgub Sulawesi Tenggara tidak hanya bermodalkan kata-kata atau narasi politik, namun benar-benar optimal terjun di tengah masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Sederet nama di Sulawesi Tenggara telah memastikan diri tampil di Pilgub Sulawesi Tenggara, di antaranya adalah Lukman Abunawas, Ruksamin, Ridwan Bae, Tina Nur Alam, Andi Sumangerukka serta Dr Bahtiar.

Para kandidat yang serius bertarung di pilgub nanti tidak hanya bermodalkan kata-kata atau narasi politik, namun benar-benar optimal terjun di tengah masyarakat. Mereka juga intens membangun komunikasi politik dengan partai politik pengusung dan pendukung.

Regulasi mengatur pasangan calon kepala daerah diusung oleh parpol atau koalisi parpol minimal 20 persen dari total jumlah kursi di DPRD. Nah, di DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara terdapat total 45 kursi. Sehingga parpol pengusung harus minimal memiliki 9 kursi di DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara.

Bakal calon Gubernur Sultra Lukman Abunawas mengaku telah mengantongi surat tugas dari DPP PDIP untuk bertarung di pemilihan gubernur pada 27 November 2024.

Diketahui PDIP berhasil meraih 6 kursi di DPRD Sulawesi Tenggara pada Pemilu 14 Februari 2024. PDIP butuh parpol koalisi untuk mencukupkan syarat mengusung pasangan calon (paslon) yakni 9 kursi parpol pemilik kursi di DPRD.

"Saya juga telah mendapatkan surat tugas dari Partai Demokrat. Jika nanti saya berhasil mendapatkan rekomendasi Demokrat yang memiliki 4 kursi di DPRD Sulawesi Tenggara lalu ditambah 6 kursi PDIP, maka sudah memenuhi syarat untuk mendaftar di KPU Sultra nanti," kata Lukman Abunawas.

Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara itu mengaku intens bergerilya di tengah masyarakat melakukan sosialisasi dengan mengenalkan berbagai program untuk kemajuan daerah jika ia terpilih menahkodai Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: PKB jadi Rebutan Tiga Balon Gubernur Sulawesi Tenggara

Lukman Abunawas juga sedang menjajaki sosok wakil untuk mendampinginya bertarung di pilgub nanti.

"Untuk wakil, pasti dari figur kepulauan. Saat ini ada beberapa nama yang sementara digodok," ujar Lukman Abunawas.

Terpisah, bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara Ruksamin, mengatakan siap bertarung maksimal dengan mengerahkan segala daya dan kekuatan untuk meraih kemenangan di Pilgub Sultra 2024.

"Saya siap menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara dengan membawa misi Sultra sebagai pusat energi dunia," kata Ruksamin.

Ketua DPW PBB Sulawesi Tenggara itu mengaku, saat ini telah mengantongi beberapa dukungan partai politik peraih kursi di DPRD Sulawesi Tenggara.

Lanjut Ruksamin, parpol itu adalah PBB 4 kursi, PAN 3 kursi, dan Demokrat 4 kursi, total saat ini ada 11 kursi yang telah memenuhi syarat parliamentary threshold 20 persen dari 45 kursi DPRD Sultra.

"Syarat mendaftar di KPU harus mengantongi dukungan parpol minimal 9 kursi, InsyaAllah saya sudah siap dan memenuhi syarat," ujar Ruksamin.

Selain 3 parpol tersebut, Ruksamin mengaku bakal ada parpol lain yang akan mendukung dirinya bertarung di Pilgub 2024. Ia akan mengumumkannya dalam waktu dekat.

"Prinsip saya maju di pilgub, tiba duluan sebelum berangkat. Artinya saya melangkah sudah jadi matang pikiran dan persiapan jadi gubernur baru bergerak merealisasikannya dengan baik dan maksimal," tandas Bupati Konut 2 periode itu.

Sementara itu, bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara Andi Sumangerukka mengatakan siap berlaga di kontestasi Pilgub 2024 mendatang.

Ketua DPW PPP Sulawesi Tenggara itu mengaku saat ini telah mendapatkan rekomendasi dari PPP (3 kursi) untuk maju di Pilgub 2024. Kemudian mendapatkan surat tugas dari Partai Demokrat.

"Saya optimistis mendapatkan dukungan 23 kursi partai politik sebagai kendaraan ketika mendaftar di KPU nanti," ujar Andi Sumangerukka.

Ketua KKSS Provinsi Sulawesi Tenggara itu menyampaikan, sebagai warga Kota Lama Kendari, ia berkomitmen membawa Sulawesi Tenggara ke arah yang lebih maju dengan memanfaatkan sumber daya maritim dan sumber daya yang ada di daratan.

"Sultra 70 persen lautan dan 30 persen daratan. Mestinya penunjang kesejahteraan masyarakat, berasal dari optimalisasi pengelolaan kelautan karena sangat besar potensi kekayaan laut kita. Ini yang menjadi misi saya ke depan jika dipercaya memimpin Sultra," kata Andi Sumangerukka.

Baca Juga: Andi Sumangerukka Dikabarkan Mesra dengan Ridwan Bae

Pada kontestasi Pilgub Sulawesi Tenggara, ada beberapa figur lainnya yang siap bertarung. Salah satunya adalah Dr Bahtiar putra Mekongga atau Kabupaten Kolaka, telah bermaklumat maju di Pilgub pada November 2024.

Pria kelahiran Kolaka 25 Oktober 1982 itu, siap tarung merebut takhta orang nomor 1 di Sulawesi Tenggara. Saat ini Bahtiar menjalin komunikasi politik dengan PKB, PKS , Hanura dan beberapa parpol.

"Saya siap maju di pilgub nanti. Dengan menjadi gubernur maka ruang untuk bekerja menyejahterakan masyarakat terbuka lebih luas. Sehingga harapan agar Sultra terus bergerak maju dapat kita wujudkan bersama. Karena poin itulah sebagai salah satu intisari menjadi seorang pemimpin," kata Bahtiar dalam sebuah kesempatan.

Untuk menyongsong pilgub nanti, kata dia, maka berbagai langkah politik persiapan telah ditunaikannya. Terutama mengokohkan internal tim, konsolidasi dengan partai politik (parpol) dan komitmen bekerja inovatif untuk masyarakat.

"Saat ini saya intens sosialisasi ke tengah masyarakat. Menemui mereka door to door dan menyampaikan kesiapan saya maju pilgub dan menyampaikan visi misi jika terpilih jadi gubernur," ujar Bahtiar.

Begitupun beberapa kandidat lainnya Tina Nur Alam terus intens melalukan komunikasi parpol, diketahui Tina Nur Alam saat ini telah mengantongi rekomendasi dari Partai NasDem.

Sementara itu, Ridwan Bae menjelaskan dirinya akan terlebih dahulu menunggu hasil survei terkait dirinya untuk maju sebagai calon Gubernur Sulawesi Tenggara. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga