Festival Kande-Kandea Buton Tengah Sumber Rezeki Para Pedagang

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 29 April 2023
0 dilihat
Festival Kande-Kandea Buton Tengah Sumber Rezeki Para Pedagang
Festival kande-kandea jadi ladang rezeki bagi para pedagang mainan keliling. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Festival kande-kandea yang gelar oleh masyarakat Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah menjadi sumber rezeki bagi para pedagang, khususnya penjual mainan keliling "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Festival kande-kandea yang gelar oleh masyarakat Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah menjadi sumber rezeki bagi para pedagang, khususnya penjual mainan keliling.

Para pedagang yang biasanya berkeliling untuk menjajakan jualannya, saat puncak acara tradisi kande-kandea memiliki banyak pembeli karena banyaknya pengunjung yang datang bersama anak-anaknya.

Salah satu pedagang, Umar Salim mengatakan, biasanya dia harus berkeliling Buton Tengah untuk berjualan, tetapi adanya festival kande-kandea dagangannya bisa laris manis karena ramainya pengunjung.

Baca Juga: Masuk Kalender Nasional, Tradisi Kande-Kandea Buton Tengah Ramai Kunjungan Warga

"Saat saya tahu akan ada festival saya langsung datang, sudah tiga hari saya berjualan di sini, dari hari pertama festival hingga saat ini dan alhamdulillah jualan saya laris karena banyak anak-anak yang datang," ujar Umar, Sabtu (27/4/2023).

Sementara itu, salah seorang pengunjung Erna Wati mengaku bersyukur dengan adanya para pedagang karena anak-anak yang bosan selama festival bisa dibelikan mainan.

"Anak saya tadi beli balon untuk dimainkan karena sudah mulai bosan, festival ini alhamdulillahnya banyak memberi rejeki bagi para pedagang keliling seperti ini," ujarnya.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat dan Buton Tengah Fokus Tuntaskan Pembangunan Perkantoran

Banyak masyarakat yang datang untuk menyaksikan langsung tradisi kande-kandea itu, mulai dari masyarakat setempat hingga daerah lain.

Pedagang lainnya, Musafir mengaku sudah beberapa kali datang ke festival kande-kandea, karena sudah tau yang datang bukan hanya dari kalangan orang tua tetapi anak muda hingga anak kecil pasti datang.

"Alhamdulillah dagangan saya cukup banyak dibeli oleh anak-anak maupun remaja yang datang bersama pasangannya, ada yang beli mainan ada juga yang beli gelang couple dengan pasangannya," jelasnya. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga