Festival Panen Raya Nusantara 2021, Dorong Pengembangan Produk Kearifan Lokal di Sultra

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Sabtu, 11 Desember 2021
0 dilihat
Festival Panen Raya Nusantara 2021, Dorong Pengembangan Produk Kearifan Lokal di Sultra
Foto bersama Panitia, Ketua TP PKK Kota Kendari, dan Wakil Bupati Wakatobi di Festival PARARA 2021 Sulawesi Tenggara, di salah satu kafe Kota Kendari, Sabtu (11/12/2021). Foto: Apriliana Suriyanti/Telisik

" Sultra menjadi salah satu wilayah digelarnya Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) secara daring dan luring. "

KENDARI, TELISIK.ID - Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu wilayah digelarnya Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) secara daring dan luring, Sabtu (11/12/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu kafe di Kota Kendari ini, dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain.

Sri Lestari dalam sambutannya menuturkan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap produk kearifan lokal,khususnya di Sultra agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

"Lahirnya kegiatan ini tidak lain untuk memperhatikan produk-produk pangan lokal Sultra agar lebih tereksplor secara nasional maupun internasional," tuturnya.

Baca Juga: Pentingnya Peranan Pohon dalam Kehidupan Manusia

Tak hanya itu, istri Walik Kota Kendari ini berharap agar panganan lokal dapat terus lestari dan dinikmati, khususnya oleh kaum muda dan pendatang nantinya.

"Dengan terlaksananya Festival PARARA semoga bisa melahirkan menu-menu baru yang sesuai dengan selera anak-anak muda saat ini," ujarnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Festival PARARA Sultra, Hartaty mengatakan, festival tahun ini menjadi kali keempat diselenggarakannya PARARA secara nasional sebagai gerakan untuk mendorong dan mempromosikan produk-produk kearifan lokal.

Baca Juga: BNNP Sultra Sosialisasi Bahaya Narkoba pada ASN Dinsos

"Kami mendorong produk-produk berbasis komunitas dan lokal agar tetap eksis dengan memperhatikan prinsip-prinsip keberlangsungan lingkungan," katanya.

Dalam festival ini, turut hadir pula wakil bupati Wakatobi, kepala Dinas Ketahanan Pangan Kendari, kepala Dinas Pertanian Kota Kendari, Indonesian Chef Association (ICA), serta sejumlah komunitas dan masyarakat lokal Sultra.

Adapun agenda yang dilaksanakan di dalam Festival PARARA 2021 Sultra ini antara lain Mini Expo Produk Lokal Sultra, Demo Masak Makanan Khas Sultra oleh ICA, dan Sharing Session terkait Perkembangan Pangan Lokal di Sultra Selama Masa Pandemi. (B)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga