Festival Teluk Pasarwajo, Bule Kagumi Kekayaan Budaya Buton

Febriyani, telisik indonesia
Senin, 04 September 2023
0 dilihat
Festival Teluk Pasarwajo, Bule Kagumi Kekayaan Budaya Buton
Peserta Sail to Indoensia kagum dengan ragam budaya yang ada di Kabupaten Buton, terlebih kuliner yang disajikan di malam pembukaan Festival Teluk Pasarwajo. Foto Febriyani/Telisik

" Salah satu peserta Sail to Indonesia, Emma mengungkapkan kekagumannya terhadap warga Buton yang sangat ramah dan memuji kekayaan budaya dan kuliner Buton "

BUTON, TELISIK.ID - Festival Teluk Pasarwajo yang digelar di Dive Center Pasarwajo, dibuka Minggu (3/9/2023) malam oleh Plh Bupati Buton yang diwakili oleh Plh Sekda Buton, La Ode Muhidin Mahmud.

Ia berterima kasih kepada peserta Sail to Indonesia telah menjadikan Pulau Buton sebagai salah satu tempat persinggahannya.

"Terima kasih kepada peserta Sail to Indonesia telah menjadikan Buton sebagai salah satu tempat persinggahan, nikmati semua keindahan budaya dan kuliner yang ada di Kabupaten Buton. Ini menjadi sebuah kehormatan bagi kami," ungkapnya.

Ia membeberkan beberapa potensi yang ada di Kabupaten Buton yakni tambang aspal terbesar, serta wisata bawah lautnya yang indah dimana terdapat ikan mandarin atau mandarin fish yang hanya ada di Buton.

Baca Juga: Tari Lawati dan Ponare Pukau Peserta Sail to Indonesia di Malam Festival Teluk Pasarwajo

"Ini menjadi momen untuk memperkenalkan budaya Buton agar semakin dikenal dunia, banyak potensi Buton yang terus kita kembangkan. Kepada peserta Sail to Indonesia dapat menikmati wisata bawah air yang tak kalah menakjubakan, ada mandarin fish yang hanya ada di Buton," tambahnya lagi.

Salah satu yang mewakili peserta Sail to Indonesia, Emma mengungkapkan kekagumannya terhadap warga Buton yang sangat ramah dan sigap membantu mereka. Ia juga memuji kekayaan budaya dan kuliner yang ada di Buton.

Baca Juga: Heboh, Turis Kenakan Sarung Buton Ikut Fashion Show

"Terima kasih untuk masyarakat Buton yang menerima kami dengan baik, kepada Mr Rudy dan para pendamping yang dengan sigap membantu kami selama berada di Buton. Buton luar biasa," ungkapnya.

Setelah dibuka dengan resmi, peserta Sail to Indonesia dipersilakan untuk menikmati hidangan yang telah disiapkan. Wisatawan sangat menikmati kuliner yang dihidangkan, bahkan ada beberapa orang yang sampai menambah dua kali.

Sambil menikmati kuliner, peserta Sail to Indonesia dimanjakan dengan fashion show dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Buton, dan dilanjutkan dengan Tari Lawati dan Tari Ponare sebagai tarian untuk menyambut tamu. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga