Final Copa America 2024: Duel Panas Penuh Ambisi Argentina vs Kolombia

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 14 Juli 2024
0 dilihat
Final Copa America 2024: Duel Panas Penuh Ambisi Argentina vs Kolombia
Pemain Argentina, Lionel Messi (kiri), dan James Rodriguez dari Kolombia, kapten masing-masing tim yang akan memimpin duel panas di final Copa America 2024 di Stadion Hard Rock, Florida, Senin (15/7/2024) pagi WIB. Foto dan grafis: copaamerica.com

" Argentina bertekad bisa melewati hadangan Kolombia untuk merebut gelar ke-16 Copa America di partai final yang dimainkan di Stadion Hard Rock – Miami Gardens, Florida "

FLORIDA, TELISIK.ID — Argentina bertekad bisa melewati hadangan Kolombia untuk merebut gelar ke-16 Copa America di partai final yang dimainkan di Stadion Hard Rock – Miami Gardens, Florida, pada Senin (15/7/2024) pagi pukul 07:00 WIB.

Partai puncak Copa America 2024 ini direncanakan akan disiarkan di Indosiar. Sebelum pertarungan dua kekuatan sepak bola asal Amerika Latin ini, terlebih dulu diadakan pertunjukan musik dengan menghadirkan Shakira.

Argentina, pemenang Copa America pada 2021 dan Piala Dunia pada 2022, dapat disejajarkan dengan Spanyol sebagai satu-satunya negara yang memenangkan tiga kejuaraan besar berturut-turut dari 2008-2012.

Albiceleste (Argentina) berhasil mencapai final tanpa penampilan dominan dari Messi yang kini berusia 37 tahun karena telah berjuang melawan cedera kaki.

Pemenang Ballon d'Or delapan kali itu, di semifinal melawan Kanada, melewati pemain bertahan dan menciptakan peluang mencetak gol untuk rekan satu timnya.

Baca Juga: Argentina dan Kolombia Khawatir Keselamatan di Final Copa America 2024

Tetapi ia tidak mendapatkan gol sampai membelokkan tembakan Enzo Fernández melewati kiper Kanada, Maxime Crépeau, untuk membantu memastikan kemenangan 2-0 Argentina melaju ke final.

Menjelang final, Messi mengatakan dia berjuang melawan ketidaknyamanan di sepanjang turnamen.  Tetapi dia meyakinkan bahwa dirinya akan bermain lebih baik.

“Di final saya akan merasa lebih baik,” katanya, Minggu (14/7/2024) dinihari WIB atau Sabtu sore waktu setempat, sepeti dikutip dari AP.

Kolombia akan bermain di kejuaraan Copa America pertamanya dalam 23 tahun setelah memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka menjadi 28 pertandingan. Jumlah rekor tersebut satu lebih banyak dari periode 1992-94 dan rentetan terpanjang saat ini dalam sepak bola internasional.

Kapten Kolombia, James Rodríguez, telah menjadi pemain terbaik dan bisa dibilang yang terbaik di turnamen Copa America 2024. Dia membuat enam assist, terbanyak dalam satu Copa America sejak data mulai dilacak pada 2011 dan melampaui lima assist Messi pada 2021.

“James memiliki Copa America yang hebat. Kami cukup beruntung memilikinya di level yang sangat bagus. Tim telah mendukungnya. Saya hanya bisa berharap besok penampilannya akan bagus,” kata pelatih Kolombia, Néstor Lorenzo.

Lorenzo memuji kerja kolektif timnya dalam mencapai titik ini, termasuk kemenangan emosional atas juara 15 kali Uruguay. Dia juga berterima kasih kepada pendukung Kolombia atas dukungan mereka di setiap pertandingan Kolombia.

Tetapi Lorenzo juga menekankan bahwa ini harus menjadi norma bagi tim yang bangkit kembali yang memenangkan satu-satunya gelar Copa America di kandang pada tahun 2001.

“Kami akan senang jika tidak akan menjadi kejutan untuk mencapai final, sangat tidak terduga. Kami ingin selalu berada di puncak. Itu tidak mudah. Semoga ini bisa bertahan. Mari berharap kita bisa terus berjalan,” ujar Lorenzo.

Kedua tim sebelumnya sudah pernah saling berhadapan di semifinal 2021, dimenangkan oleh Argentina 2-3 melalui tendangan adu penalti setelah bermain imbang 1-1. Kolombia terakhir kali mengalahkan Argentina di babak penyisihan grup Copa America pada 2019.

“Kami akan memainkan permainan kami. Anda selalu punya rencana, tetapi final selalu merupakan pertandingan yang menegangkan dan orang yang berada di bawah tekanan paling sedikit akan menang,” kata Scaloni, pelatih Argentina.

Argentina dan Kolombia telah bertemu 15 kali dalam sejarah turnamen tim nasional; dengan 7 kemenangan Albiceleste, 3 kemenangan Kolombia, dan 5 hasil seri. Dari jumlah pertemuan tersebut tercatat 39 gol yang dicetak oleh Argentina dan 17 oleh Kolombia.

Lima pertandingan terakhir Argentina vs Kolombia (semua kompetisi):

- Argentina 1-0 Kolombia – Kualifikasi (2022)

- Argentina 1-1 Kolombia – CONMEBOL Copa América (2021)

- Kolombia 2-2 Argentina – Kualifikasi (2021)

- Argentina 0-2 Kolombia – CONMEBOL Copa América (2019)

- Kolombia 0-0 Argentina – Persahabatan (2018)

Data dan Fakta:

- Jika mengalahkan Kolombia, Argentina akan menjadi tim pertama yang memenangkan 16 edisi CONMEBOL Copa América, melampaui rekor saat ini dari 15 gelar yang sama dengan Uruguay. Di sisi lain, Kolombia berusaha untuk sejajar dengan Peru, Chili, dan Paraguay di tempat keempat dalam daftar juara teratas kompetisi (2 gelar, juga di belakang 9 prestasi Brasil).

- Argentina memiliki keunggulan dalam rekor melawan Kolombia di CONMEBOL Copa America dalam pertandingan di luar Babak Grup: La Albiceleste tidak terkalahkan melawan Cafeteros (Kolombia) dalam lima pertandingan (Menang 2 Seri 3, termasuk tiga kemenangan dan tidak ada eliminasi melalui adu penalti).

- Kolombia berada pada rekor tak terkalahkan terpanjang dalam sejarahnya dengan 28 pertandingan tanpa kekalahan (22 menang dan 6 seri), melampaui rekor sebelumnya dari 27 pertandingan antara 1992 dan 1994 (13 menang, 14 seri). Namun, kekalahan terakhir mereka justru saat melawan Argentina (0-1 di Kualifikasi Amerika Selatan, pada 2022). Di sisi lain, Cafeteros yang mengakhiri rekor tak terkalahkan terpanjang kedua dalam sejarah Albiceleste, pada tahun 1993 (18 kemenangan dan 13 seri dalam 31 pertandingan).

- Lionel Messi telah bermain di empat Final Copa America CONMEBOL (2007, 2015, 2016 dan 2021). Pemain Argentina itu bisa menjadi pemain pertama dalam sejarah kompetisi yang memainkan pertandingan menentukan dalam lima edisi berbeda – rekor saat ini, dari empat yang dihasilkan – bersama dengan Javier Mascherano (2004, 2007, 2015 dan 2016).

- Lionel Messi (25) dan James Rodríguez (24) adalah pemain kedua dan ketiga dalam peringkat dengan partisipasi langsung terbanyak dalam tembakan di CONMEBOL Copa América 2024, hanya di belakang Salomón Rondón dari Venezuela (26). Pemain Argentina itu telah menembak 12 kali dan memberikan 13 assist, sementara pemain Kolombia itu memiliki 7 tembakan dan 17 assist.

- Di Final, Lionel Scaloni akan memimpin Argentina untuk ke-19 kalinya dalam pertandingan CONMEBOL Copa América, menyamai Alfio Oscar Basile sebagai pelatih pembuat penampilan terbanyak kedua untuk Albiceleste dalam sejarah kompetisi, keduanya dikalahkan oleh Guillermo Stábile (44). Jika Scaloni menang, dia juga bisa sejajar dengan Basile dalam kemenangan (13) dalam kompetisi, namun masih dipimpin oleh Stabile (37).

- Argentina telah mencapai final dalam enam dari sembilan edisi CONMEBOL Copa América yang telah dimainkan di abad ke-21 (2004, 2007, 2015, 2016, 2021 dan 2024), tidak ada negara lain yang berpartisipasi dalam lebih dari setengah final yang dimainkan pada periode itu. Pada gilirannya, Kolombia akan memainkan final keduanya di abad ini (2001, 2024).

- Ini adalah pertama kalinya Argentina dan Kolombia saling berhadapan di final CONMEBOL Copa América. La Albiceleste hanya menghadapi tiga lawan berbeda dalam tujuh final mereka di kompetisi: Brasil (4 kali), Chili (2), dan Meksiko (1).

Baca Juga: Copa America 2024: Luis Suarez Selamatkan Uruguay dari Kekalahan dan Rebut Tempat Ketiga

- Argentina hanya kebobolan satu gol di CONMEBOL Copa América 2024. Satu-satunya edisi di mana La Albiceleste selesai dengan kurang dari dua gol kebobolan adalah pada 1920-an: tidak ada gol yang kebobolan pada tahun 1921, tidak ada pada tahun 1924 dan tidak ada pada tahun 1929, selalu dengan tiga pertandingan dimainkan.

- Kolombia belum kebobolan dalam dua pertandingan terakhir mereka di fase final (melawan Panama dan Uruguay), urutan yang belum pernah mereka capai dalam edisi yang sama dari CONMEBOL Copa América sejak 2001, ketika mereka tidak kebobolan gol di perempat final (3-0 di Peru), semifinal (2-0 di Honduras), dan final (1-0 di Meksiko) dalam satu-satunya gelar kompetisi mereka.

Prakiraan susunan pemain

Argentina: Emiliano Martínez; Gonzalo Montiel, Cristian Romero, Lisandro Martínez, Nicolás Tagliafico; Rodrigo De Paul, Alexis Mac Allister, Enzo Fernández; Ángel Di María, Lionel Messi, Julián Álvarez.

Pelatih: Lionel Scaloni.

Colombia: Camilo Vargas; Santiago Arias, Carlos Cuesta, Davinson Sánchez, Johan Mojica; Jefferson Lerma, Richard Rios, Jhon Arias; James Rodríguez, Luis Díaz, Jhon Córdoba.

Pelatih: Néstor Lorenzo.

Wasit pertandingan

Wasit utama: Raphael Claus (Brasil)

Asisten wasit: Bruno Pires dan Rodrigo Corrêa (Brasil)

Ofisial keempat: Juan Benitez (Paraguay)

VAR: Rodolpho Toski (Brasil). (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga