adplus-dvertising

Gaya Iriana Berbaju Adat Buton di Upacara HUT RI Penuh Makna

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 17 Agustus 2022
689 dilihat
Gaya Iriana Berbaju Adat Buton di Upacara HUT RI Penuh Makna
Presiden Jokowi dan Sang Istri, Iriana memakai baju adat Buton, Sulawesi Tenggara di upacara HUT ke-77 RI di Istana Negara. Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

" Baju adat Buton, Sulawesi Tenggara, menjadi perhatian saat momen Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka "

JAKARTA, TELISIK.ID - Baju adat Buton, Sulawesi Tenggara, menjadi perhatian saat momen Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

Bukan hanya hanya Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang memakai baju adat Buton tersebut, namun juga Iriana Jokowi.

Pasalnya, penampilan busana Iriana yang paling mencuri perhatian adalah hiasan atau penutup kepala yang dikenakannya.


Dimana Iriana Jokowi mengenakan baju adat Buton, Sulawesi Tenggara, sama seperti sang suami Presiden Jokowi. Hanya saja baju adat yang dipakai Iriana berbeda warna dengan Jokowi.

Presiden Jokowi memakai baju adat Buton berwarna merah - putih dan sarung. Sedangkan Iriana memakai baju adat Buton berwarna biru-emas.

Baca Juga: Gagahnya Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani Kesultanan Buton, Ini Filosofinya

Jokowi mengenakan baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," kata Jokowi kepada wartawan menjelang upacara HUT RI di Istana, dilansir dari detik.com.

Sementara baju adat Buton yang dipakai oleh Iriana Jokowi, busana yang dipakainya terdiri dari beberapa bagian.

Melansir lolipop.detik.com, Ibunda Kaesang Pangarep itu memakai atasan yang disebut sebagai baju Kombo, pakaian adat kebesaran bagi para wanita Buton.

Sebagaimana dikutip dari alienco, ciri khas dari baju Kombo adalah benang-benang berwarna dari benang emas atau benang perak dan beragam hiasan lain baik dari emas, perak atau kuningan.

Iriana memakai bawahan sarung yang dalam busana pengantin adat Buton disebut sebagai Bia Ogena. Bawahan sarung ini merupakan gabungan warna polos secara bertingkat-tingkat yang menjadi pasangan baju Kombo.

Baca Juga: Bertemu Timnas U-16 Sebelum Upacara HUT RI, Ini Pesan Jokowi

Pelengkap dari busana adat Buton yang dipakai Iriana adalah gelang emas yang disebut Simbi. Dan pengikat tangan yang disebut kabokena lima. Pengikat ini melambangkan silaturahmi.

Yang paling mencuri perhatian dari penampilan Iriana Jokowi saat Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka adalah hiasan atau penutup kepalanya.

Penutup kepala Iriana itu dalam adat Buton disebut Tipolo. Ciri khas Tipolo terbuat dari kain beludru dan menutupi telinga. Ada juga gulu-gulu yaitu gulungan di bagian atas kepala dan ukuran poini di dahi dan bunga ija. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga