Gebrak Kepton Minta Bupati Wakatobi Ungkap Inisial SAH dan TN Diduga Terima Anggaran Bawang Merah

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Senin, 31 Juli 2023
0 dilihat
Gebrak Kepton Minta Bupati Wakatobi Ungkap Inisial SAH dan TN Diduga Terima Anggaran Bawang Merah
Gebrak Kepton berdemomstrasi meminta Bupati Wakatobi, Haliana, mengungkapkan siapa inisial SAH dan TN yang dimaksudkan oleh BPK RI. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Gerakan Barisan Rakyat Kepulauan Buton (Gebrak Kepton) berdemontrasi di depan Kantor Bupati Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Gerakan Barisan Rakyat Kepulauan Buton (Gebrak Kepton) berdemontrasi di depan Kantor Bupati Wakatobi, Senin (31/7/2023).

Demo tersebut dilakukan untuk memaksa Bupati Wakatobi, Haliana, untuk mengungkapkan siapa inisial SAH yang diduga sebagai penerima anggaran pengelolaan bawang merah yang diketahui tidak menjadi bagian dalam program tersebut. Pengembangan komoditas bawang merah merupakan program unggulan merdeka pangan Kabupaten Wakatobi.

Salah seorang demonstran, Yayan mengungkapkan, demo yang mereka lakukan yakni untuk menanyakan prosedur pengelolaan bawang merah yang merupakan program unggulan dan meminta Bupati Wakatobi, Haliana, untuk menguak siapa inisial SAH dan TN yang diduga Haliana mengetahui pihak tersebut.

Baca Juga: Seminggu Buka, Warung Bakso di Wakatobi Raup Omzet Jutaan Rupiah Setiap Hari

Yayan menuturkan, program pengembangan komoditas bawang merah terdapat kejanggalan sehingga program tersebut diaudit. BPK RI perwakilan Sulawesi Tenggara telah melakukan pemeriksaan, di mana menemukan kerugian negara sebesar Rp 600 juta.

Yayan melanjutkan, berdasarkan redaksi hasil audit pemeriksaan BPK RI perwakilan Sulawesi Tenggara mengatakan, Sekretaris Dinas Pertanian diduga diarahkan oleh Kepala Dinas Pertanian, untuk mengantarkan uang kepada inisial SAH yang bukan merupakan bagian penyedia bawang atau bagian dalam program tersebut. Yayan mengungkapkan, ada dua inisial yang disebut dalam LHP tersebut yakni inisial SAH dan inisial TN.

"Sehingga hari ini ini kami menilai dan menduga, program merdeka pangan yang dilaunching oleh bupati. Pengelolaan anggarannya tidak sesuai SOP," ujarnya.

Sebagai wujud atau ekspresi kekecewaan terhadap layanan pemerintah dalam menerima aspirasi masyarakat, para demonstran melakukan aksi bakar ban di jalan depan kantor Bupati Wakatobi. Mendesak Bupati Wakatobi, Haliana, segera menemui para demonstran dan mengungkapkan siapa inisial SAH dan TN yang dimaksudkan BPK RI.

Baca Juga: Support Wakatobi Sebagai Kota Film, Dispar Sulawesi Tenggara Gelar Festival Film dan Foto

Setelah melakukan pertemuan bersama sejumlah mahasiswa KKN dari Universitas Halu Oleo, Haliana, keluar dan menemui para demonstran.

Berdasarkan apa yang telah menjadi pertanyaan para demonstran, Haliana mengungkapkan, ia tidak mengetahui siapa inisial SAH dan TN yang dimaksudkan dalam hasil pemeriksaan.

"Untuk inisial saya tidak tau. Nanti kami tindak lanjuti," ucapnya.

Menanggapi itu, Gebrak Kepton meminta, Bupati Wakatobi, Haliana, 3x24 jam melakukan konferensi pers untuk menyebutkan siapa inisial SAH dan TN dalam audit BPK RI. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga