Support Wakatobi Sebagai Kota Film, Dispar Sulawesi Tenggara Gelar Festival Film dan Foto

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Sabtu, 29 Juli 2023
0 dilihat
Support Wakatobi Sebagai Kota Film, Dispar Sulawesi Tenggara Gelar Festival Film dan Foto
Pembukaan festival film dan foto Wakatobi 2023, Sabtu (29/7/2023). Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Ditetapkannya Wakatobi sebagai kabupaten kreatif bidang film, video animasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2021. Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara mensupport Wakatobi, salah satunya menyelenggarakan festival film dan foto Wakatobi 2023 "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Ditetapkannya Wakatobi sebagai kabupaten kreatif bidang film, video animasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2021. Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara mensupport Wakatobi, salah satunya menyelenggarakan festival film dan foto Wakatobi 2023.

Festival tersebut berlangsung selama 3 hari yang dimulai dari 29-31 Juli 2023. Bertempat di Ampupu Beach Resort, Pulau Wangi-Wangi. Dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang, yang terdiri dari pelaku film dan komunitas yang berasal dari berbagai wilayah yang ada di Sulawesi Tenggara seperti Baubau, Kendari, Buton, Buton Selatan dan Wakatobi.

PIC Teknis, Ahmad Nizar mengungkapkan, festival tersebut merupakan tahun kedua di Wakatobi yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara. Wakatobi menjadi satu-satunya kabupaten di Sulawesi Tenggara yang disupport oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara untuk kegiatan festival film dan foto.

Baca Juga: Foto Underwater di Wakatobi Jadi Daya Tarik Wisatawan, Ikan Hias Menjauh saat Didekati

"Wakatobi sudah ditetapkan sebagai kota kreatif oleh Kementerian Pariwisata. Dengan itu, Dispar provinsi mensupport harus ada geliat film. Apakah harus ada film, festival film pokoknya yang berbaur film harus ada di Wakatobi," ujarnya.

Laporan panitia dari Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Agus mengungkapkan, yang melatarbelakangi kegiatan tersebut yaitu karena subsektor film video animasi terus berkembang pesat. Hal ini terlihat dari berbagai karya-karya dan prestasi teman-teman komunitas dan pelaku usaha di bidang film video yang sudah dihasilkan dan sejumlah penghargaan yang telah didapatkan pada berbagai event. Ia melanjutkan, hal yang paling terpenting yaitu bagaimana kemudian karya-karya dari teman-teman bisa mendunia.

"Sehingga festival film dan foto Wakatobi 2023 Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara kembali kita laksanakan di Kabupaten Wakatobi. Dengan tujuan untuk mendorong Wakatobi sebagai kota kreatif dan menjadikan subsektor film video dan animasi sebagai sektor unggulan," ucapnya.

Baca Juga: Peran Akademisi dalam Pembangunan Wakatobi

Ia kembali melanjutkan, hasil yang ingin dicapai dari festival film dan foto Wakatobi 2023 yaitu terciptanya karya-karya milik daerah terutama dari komunitas maupun pelaku usaha di Sulawesi Tenggara untuk menghasilkan karya film yang punya daya saing kuat untuk bisa tembus ke pasar global.

Kadis Pariwisata Wakatobi, Nadar mengungkapkan, pariwisata dan industri film, videografi, fotografi memiliki ketertarikan yang sangat erat untuk pembangunan pariwisata dan mendorong Industri perfilman.

"Pariwisata tentu di dalamnya sangat banyak rantai nilai dan itu bisa digerakkan oleh video film animasi dan produk pariwisata juga bisa dipromosikan melalui film video dan animasi," ungkapnya.

Nadar juga berharap, semoga kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan sesuai dengan target yang ditetapkan dan bisa memperoleh manfaatnya yang lebih besar lagi ke depan terutama untuk kemajuan industri film ini di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga