Gegara Pacaran Sejak SD, Dokter Ini Temukan Pasien Hamil Duluan dan Kena Penyakit Kondiloma Akuminata

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 05 Februari 2024
0 dilihat
Gegara Pacaran Sejak SD, Dokter Ini Temukan Pasien Hamil Duluan dan Kena Penyakit Kondiloma Akuminata
Seorang dokter (dr Amira) yang bekerja di Papua membagikan kisah pasien diakun TikTok pribadinya. Foto: Kolase

" Belum lama ini, seorang dokter, dr Amira yang bekerja di Papua membagikan kisah pasien di akun TikTok pribadinya dengan nama akun @dr.Amira SpOG "

PAPUA, TELISIK.ID - Belum lama ini, seorang dokter, dr Amira yang bekerja di Papua membagikan kisah pasien di akun TikTok pribadinya dengan nama akun @dr.Amira SpOG.

Pasiennya seorang wanita berumur 18 tahun sudah mengalami penyakit kelamin. Ia sempat menanyai pasien tersebut, apakah ia pernah melakukan hubungan seks sebelumnya.

Namun, sang pasien membantah hal tersebut, ia menyebut jika sakitnya beberapa hari belakangan adalah nyeri perut, flek dan haid tidak teratur.

Namun usut punya usut, ketika didesak oleh sang dokter, barulah si pasien berujar jika sakitnya karena sering berhubungan intim dengan sang pacar bahkan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Pasiennya pun kini sedang hamil 5 bulan.

Baca Juga: Cara Ini Diklaim Bisa Atasi Ejakulasi Dini

"Astagfirullah hal adzim, gimana ga mau nyebut coba. Istigfar berkali-kali kalo kek gitu. Jadi anak sekarang ini, pacaran sudah 8 tahun ga nikah-nikah tau-taunya sudah hamil 5 bulan. Ini fenomena yang terjadi, makanya penting banget pendidikan seks dari orangtua sejak dini," ujarnya di akun TikToknya.

Ia melanjutkan, saat melakukan pemeriksaan lebih lanjut ternyata si pasien mengidap penyakit kelamin yaitu Kondiloma Akuminata. Bukan itu saja, ia berujar sang pasien juga meminta untuk kandungannya digugurkan karena belum siap.

Ia berujar pentingnya diterapakan sejak dini, mengingat kejadian itu sudah beberapa pasien yang sering ia temui adalah usia remaja yang seharusnya sedang belajar.

Video yang ia bagikan kini telah ditonton sebanyak 25,3 juta, disukai sebanyak 1,1 juta dan mendapatkan komentar sekitar 13.000 warganet dan dishare sebanyak 24.100 kali di akun TikToknya.

Lalu, seperti apakah penyakit Kondiloma Akuminata? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Alodokter.com:

Kondiloma akuminata dikenal juga dengan istilah kutil kelamin. Kondisi ini disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV) dan biasanya ditularkan melalui hubungan seks tanpa kondom.

Kondiloma akuminata umumnya ditandai dengan benjolan daging yang menyerupai bunga kol, sehingga sering dianggap sebagai tumor atau kanker. Namun, dalam banyak kasus, benjolan yang muncul bisa berukuran kecil dan sering tidak terlihat.

Cara Penanganan Kondiloma Akuminata

Pada beberapa kasus, kondiloma akuminata yang tidak menimbulkan gejala bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, bila menimbulkan gejala, pengobatan kutil kelamin perlu segera dilakukan untuk meredakan gejalanya.

Baca Juga: Ternyata Ini Makanan dan Kebiasaan yang Bikin Awet Muda Ala Zaidul Akbar

Selain itu, penanganan yang tepat juga bisa menurunkan risiko penyebaran virus HPV dan membersihkan kutil yang tidak kunjung hilang. Berikut ini adalah beberapa penanganan yang dapat dilakukan dokter untuk mengatasi kondiloma akuminata:

Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat yang diberikan dokter untuk mengatasi kondiloma akuminata, yaitu:

- Podofilotoksin, untuk menghentikan pertumbuhan sel kutil

- Imiquimod, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi HPV

- Salep herbal yang mengandung katekin, yaitu senyawa aktif pada teh hijau yang dapat melawan HPV dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga