Gelar Musda, Ini Nama-Nama Calon Ketua Demokrat Jatim

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 29 Januari 2021
0 dilihat
Gelar Musda, Ini Nama-Nama Calon Ketua Demokrat Jatim
calon-calon Ketua Demokrat Jatim. Foto: Ist.

" Sosok yang berani menampilkan diri ke publik dengan Demokratnya, pekerja keras dan yang belum mempunyai catatan negatif di dunia politik, saya kira layak untuk diberikan mandat dalam Musda mendatang. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Setelah tertunda beberapa kali karena pandemi COVID-19,  Demokrat Jatim segera menggelar Musda untuk mencari figur calon pemimpin baru. Saat ini posisi tersebut masih dipegang oleh Plt yaitu Emil Dardak yang juga menjabat Wagub Jatim.

Sejumlah nama mencuat jelang pelaksanaan Musda Demokrat yang menurut rencana digelar pada 12 Februari mendatang. Nama-nama yang mencuat  dan dinilai layak pimpin Demokrat Jatim antara lain Agus Dono Wibawanto, Sri Subiati, Achmad Iskandar dan Bayu Airlangga. Selain itu juga nama Plt Emil Dardak juga bertahan sebagai calon definitif Ketua Demokrat Jatim.

Momentum Musda ini DPC diprediksi akan memunculkan sejumlah nama calon kuat untuk dipilih menjadi ketua yang baru.  

Pengamat politik dari Universitas Surabaya (Unesa), Dr Agus Mahfud Fauzi mengatakan, Partai Demokrat Jatim sekarang membutuhkan energi besar untuk mengembalikan kejayaan seperti pemilu 2009 lalu.

Oleh karena itu yang berpeluang memimpin Demokrat Jawa Timur nanti adalah kader muda dan kader yang berani serta tidak malu-malu membawa nama besar Partai Demokrat.

Mantan komisioner KPU Jatim itu menambahkan, dalam proses Musda nanti sebaiknya ada beberapa calon yang berani mencalonkan diri. Tidak calon tunggal seperti yang dilakukan beberapa partai lain. Sehingga DPC-DPC mempunyai beberapa alternatif pilihan untuk menunjukkan kepada publik bahwa Demokrat adalah partai yang menjunjung tinggi demokrasi.

Baca juga: AJP Makin Matang Maju Pilwali Kendari

"Sosok yang berani menampilkan diri ke publik dengan Demokratnya, pekerja keras dan yang belum mempunyai catatan negatif di dunia politik, saya kira layak untuk diberikan mandat dalam Musda mendatang," jelas Direktur Lembaga Survei Bangun Indonesia, Jumat (29/1/2021).

Senada, pengamat komunikasi politik Unair Surabaya, Dr Suko Widodo  saat dikonfirmasi berharap Partai Demokrat bisa menjadi contoh seleksi pemimpin partai yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi.

Alasannya, pola suksesi kepemimpinan Parpol saat ini banyak yang bergeser sehingga kurang memberikan pendidikan politik dan demokrasi bagi masyarakat. Sedangkan Partai Demokrat diharapkan tetap menjaga proses demokrasi seperti Musda-Musda sebelumnya.

"Saya kira semakin banyak calon, menunjukkan dinamisnya sebuah organisasi Parpol. Ini pola yang bagus dalam seleksi pimpinan Parpol walaupun mulai ditinggalkan banyak Parpol di Indonesia," tegas Suko Widodo.

Sebagaimana diketahui, sejak Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim lantaran diangkat menjadi komisaris utama salah satu BUMN tahun 2018 lalu, praktis, kursi Ketua DPD Partai Demokrat hanya dijabat oleh seorang Pelaksana Tugas (Plt). Mulai dari Renville Antonio sampai Emil E Dardak sampai sekarang. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga