Gerindra Buka Peluang PKB Koalisi 2024, Cak Imin: Pilpres Masih Lama

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Kamis, 21 Oktober 2021
0 dilihat
Gerindra Buka Peluang PKB Koalisi 2024, Cak Imin: Pilpres Masih Lama
Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Repro liputan6.com

" Gerindra akan menyampaikan calon presiden dari Gerindra dan kemudian akan melakukan penjajakan terhadap koalisi dengan partai politik-partai politik yang ada "

JAKARTA,TELISIK.ID – Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad memberikan sinyal untuk berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal ini menanggapi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan siap maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024.

"Sehingga pada saatnya nanti Gerindra akan menyampaikan calon presiden dari Gerindra dan kemudian akan melakukan penjajakan terhadap koalisi-koalisi dengan partai politik-partai politik yang ada dan tidak menutup pintu untuk PKB," kata Dasco di DPR RI, Kamis (21/10/2021).

Meski begitu, Wakil Ketua DPR-RI itu menyebut partainya sendiri saat ini belum menentukan sosok yang akan maju di kontestasi Pilpres 2024.

"Walaupun sekarang ini sudah mulai banyak desakan, kita belum menyatakan calon presiden dari Gerindra," ujarnya.

Dasco mengatakan, Capres dari Partai Gerindra akan diumumkan pada momentum yang tepat. Setelah itu, barulah partai membuka komunikasi ihwal koalisi dengan partai lain, termasuk PKB.

"Gerindra akan menyampaikan calon presiden dari Gerindra dan kemudian akan melakukan penjajakan terhadap koalisi dengan partai politik-partai politik yang ada," ujarnya.

Baca Juga: Tanpa Izin Anies Dideklarasikan Capres 2024, La Ode Basir: Kalaupun Tau dari Media

Baca Juga: Kader Terjerat Kasus Korupsi, Golkar Siap Beri Bantuan Hukum

Lebih lanjut Dasco menuturkan, sah-sah saja apabila PKB ingin memajukan Muhaimin sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

Namun ia menekankan, peluang koalisi antara Gerindra dan PKB masih bersifat dinamis karena Gerindra pun belum memutuskan secara resmi siapa sosok yang akan diusung sebagai calon presiden.

"Kita sambut baik majunya Cak Imin di kontestasi Pemilu Presiden. Bahwa kemudian yang namanya koalisi itu masih dinamis dan bisa saja terjadi," kata Dasco.

Seperti diketahui, Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau dikenal dengan Cak Imin, terang-terangan menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Menurutnya, Pilpres 2024 sebagai tantangan bagi dirinya untuk maju sebagai Capres. Kendati begitu, Cak Imin yang jugaWakil Ketua DPR RI ini mengaku tidak mau tergesa-gesa dalam mengambil langkah.

”Ya saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap. Tapi harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya,” ungkap Cak Imin dalam keterangannya, Selasa (19/10/2021) lalu. (B)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga