adplus-dvertising

Girls Jangan Buru-Buru Minum Obat, Lakukan 5 Cara Ini Redakan Nyeri Haid

Apriliana Suriyanti, telisik indonesia
Jumat, 18 Februari 2022
796 dilihat
Girls Jangan Buru-Buru Minum Obat, Lakukan 5 Cara Ini Redakan Nyeri Haid
Nyeri haid atau kram menstruasi terjadi saat rahim mengalami penegangan karena melepaskan lapisannya Foto: Repro KlikDokter

" Sejumlah wanita ketika sedang datang bulan akan mengalami nyeri (dismenore) selama satu sampai dua hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Rasa sakit dan nyeri pada bagian tubuh tertentu kerapkali dirasakan oleh sebagian besar wanita hampir di setiap bulannya saat sedang masa menstruasi.

Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, sejumlah wanita ketika sedang datang bulan akan mengalami nyeri (dismenore) selama satu sampai dua hari.

Nyeri haid atau kram menstruasi itu terjadi saat rahim mengalami penegangan karena melepaskan lapisannya.


Hal inilah yang biasanya menyebabkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu seperti perut, punggung bawah, selangkangan atau paha atas.

Namun, sebelum buru-buru minum obat, simak 5 cara di bawah ini untuk meredakan nyeri haid ringan hingga sedang, dilansir dari situs kesehatan Alodokter.com.

1. Beri kompres hangat pada area perut

Cara yang pertama untuk mengurangi rasa nyeri haid adalah dengan memberikan kompres hangat lalu tempelkan ke sekitar perut dan punggung bagian bawah selama 15–20 menit. Cara ini bisa dilakukan sebanyak 3 kali sehari.

2. Beri pijatan lembut

Cara kedua ini bisa dibarengi sembari pemberian kompres hangat. Memberikan pijatan lembut pada perut yang terasa nyeri dengan gerakan melingkar. Lakukan pijatan ini selama kurang lebih 5 menit.

Baca Juga: Ingin Jadi Guru? Ini 3 Kemampuan yang Wajib Kamu Miliki

Ketika memijat, kamu bisa menggunakan campuran minyak kelapa atau minyak jojoba dengan minyak esensial, karena campuran minyak ini mempunyai sifat antiradang dan antinyeri alami.

3. Lakukan teknik relaksasi

Melakukan teknik relaksasi dipercaya dapat membantu mengalihkan perhatian dari rasa nyeri dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh haid.

Beberapa teknik relaksasi yang bisa dicoba antara lain seperti meditasi, pilates, atau yoga. Bahkan diketahui beberapa pose yoga bisa meredam nyeri punggung saat menstruasi.

Selain itu, berendam di air hangat juga merupakan salah satu cara menyenangkan untuk membuat tubuh lebih rileks yang dapat mengurangi rasa nyeri.

4. Rutin berolahraga

Sebuah penelitian mencatat bahwa wanita yang rutin berolahraga 3 kali dalam seminggu selama 30 menit, mengalami perbaikan gejala nyeri haid yang cukup signifikan.

Selain itu, manfaat lain berolahraga saat haid juga bisa meningkatkan suasana hati, membuat tubuh lebih berenergi dan semangat.

Baca Juga: Ini Cara Biasakan Anak Bangun Pagi, Nomor 3 Paling Penting

5. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman tertentu

Selama masa menstruasi, usahakan batasi konsumsi makanan berlemak, makanan asin, minuman berkafein dan beralkohol, serta minuman bersoda.

Membatasi atau bahkan menghindari beberapa jenis makanan tersebut bisa meringankan rasa sakit dan kram perut.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi teh dengan campuran jahe atau daun mint, juga konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, coklat hitam, telur, susu, yoghurt, serta ikan. (C)

Reporter: Apriliana Suriyanti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga