Hadapi Pemilu 2024, KPU Target Partisipasi Aktif Perempuan di Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 14 November 2022
0 dilihat
Hadapi Pemilu 2024, KPU Target Partisipasi Aktif Perempuan di Jawa Timur
Pemilu 2024 mendatang, KPU target partisipasi aktif perempuan di Jawa Timur sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur membidik peran dan partisipasi perempuan dalam Pemilu 2024 mendatang "

SURABAYA, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur membidik peran dan partisipasi perempuan dalam Pemilu 2024 mendatang.

Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jawa Timur, Miftahur Rozaq mengatakan, pihaknya mendorong para pemilih perempuan untuk terlibat aktif dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Hal itu dilakukan, pasalnya jumlah pemilih perempuan berimbang dengan pemilih laki-laki, tingkat pendidikan perempuan juga kompetitif dengan laki-laki. Berikutnya, tingkat partisipasi perempuan di Jawa Timur pada dua kali pemilu terakhir mengalami peningkatan.

Baca Juga: Surya Paloh Singgung Ferdy Sambo, Bandar di Pilpres Sudah Ditangkap

"Serta tingkat partisipasi perempuan di Jawa Timur pada Pemilu 2019 lebih tinggi dibandingkan laki-laki,” papar pria yang akrab disapa Rozaq ini, Senin (14/11/2022).

Sedangkan aktivis perempuan dari Non Government Organization (NGO) The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia, Yeni Lutfiana mengatakan, perempuan harus berpartisipasi dalam politik.

Menurutnya, politik juga adalah hak perempuan sebagai warga negara, perempuan menghadirkan gagasan orang yang diwakilinya, serta memiliki peran memproduksi kebijakan yang berbasis pengalaman dan kebutuhan perempuan.

"Di sisi lain, negara juga menjamin kesetaraan penuh bagi perempuan dan laki-laki untuk berpolitik,” jelasnya.

Untuk mendorong partisipasi politik ini, Yeni mengungkapkan perlunya pendidikan politik, memastikan sistem berjalan, serta melibatkan perempuan dalam kepemiluan.

Supaya pemilih perempuan menjadi pemilih yang cerdas, ia berpendapat, perempuan penting mendapatkan pendidikan politik terkait dengan voters education, voters information, civic education, gender sensitivity dan keberagaman, serta hukum dan politik.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih; Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih, Parmas dan SDM) KPU Kabupaten Pasuruan, Suyatmin mengatakan, tahapan Pemilu telah dimulai sejak 14 Juni 2022.

Baca Juga: Eks Wakil Ketua Timses Jokowi Pimpin DPW Anies DIY

Saat ini kita telah memasuki tahapan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2024.

"Pemungutan suara akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024,” ungkap Suyatmin.

Bentuk voters education, gender sensitivity dan keberagaman, Suyatmi mengatakan  Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Pasuruan ini memberikan penguatan kepada pemilih perempuan, menyampaikan pentingnya perempuan memilih dan dipilih dalam pemilu, cara menjadi pemilih cerdas dan sebagainya. (A)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga