Harga Sembako Melonjak, Pembeli Anggap Wajar

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 22 Mei 2020
0 dilihat
Harga Sembako Melonjak, Pembeli Anggap Wajar
Pasar Sentral Kota Kendari. Foto: Ibnu/Telisik

" Mayoritas naik karena mau hari raya lebaran. Sebelumnya juga jelang bulan puasa sudah naik tapi untuk kali ini agak lebih tinggi kenaikannya, hanya berasji yang turun. "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang hari raya Idul Fitri, harga sembilan bahan pokok di Kota Kendari naik tajam, khususnya di Pasar Sentral Kendari.

Salah satu pedagang sembako di Pasar Sentral Kota Kendari, Hamili, mengatakan, melonjaknya harga bisa dilihat dari harga gula yang sebelumnya Rp 14.500/kg saat ini sudah menyentuh harga Rp 25.000. Kalau untuk Beras yang sebelumnya Rp 600.000 per 50 kg, kini turun Rp 550.000. Minyak goreng yang sebelumnya Rp 24.000, kini sudah Rp 26.000. Telur yang sebelumnya Rp 40.000 perrak, kini sudah Rp 50.000 sampai Rp 55.000.

"Mayoritas naik karena mau hari raya lebaran. Sebelumnya juga jelang bulan puasa sudah naik tapi untuk kali ini agak lebih tinggi kenaikannya, hanya berasji yang turun," ujarnya, Jumat (22/05/2020).

Baca juga: Warga Desa Kapoiala Baru Belum Pernah Terima Bantuan Selama Pandemi COVID-19

Hamili juga menambahkan, jelang hari lebaran kali ini tidak seperti lebaran sebelumnya yang membuat pendapatannya kurang stabil.

"Baru jelang lebaran kali ini kurang pendapatan, biasanya keuntungan saya cukup lumayan seperti lebaran sebelumnya," tambahnya.

Pembeli di Pasar Sentral Kota Kendari umumnya menganggap kenaikan harga itu masih wajar.

"Wajar kalau naik, ini kan kita lagi ditimpa wabah virus. Otomatis ada kerugian juga bagi penjual, makanya tiba di pasaran harganya melonjak," ujar warga Kota Kendari, Saba.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Rani

Baca Juga