Hasil Tangkapan Ikan Nelayan di Kendari Melimpah

Siti Nabila, telisik indonesia
Minggu, 02 Juni 2024
0 dilihat
Hasil Tangkapan Ikan Nelayan di Kendari Melimpah
Suasana para nelayan sedang mengumpulkan ikan untuk di masukkan ke box. Foto: Siti Nabila/Telisik

" Cuaca buruk yang melanda Kota Kendari beberapa bulan belakangan ini tentu mempengaruhi kondisi ekonomi para pelaku usaha, salah satunya nelayan "

KENDARI, TELISIK.ID - Cuaca buruk yang melanda Kota Kendari beberapa bulan belakangan ini tentu   mempengaruhi kondisi ekonomi para pelaku usaha, salah satunya nelayan.

Aktivitas melaut yang bergantung pada cuaca sering kali membuat para nelayan enggan untuk melaut karena cukup beresiko.

Namun hari ini, Minggu (2/5/2024), sejumlah nelayan mengaku merasa bersyukur atas tangkapan ikan yang berlimpah setelah dilanda hujan beberapa hari terakhir di Kelurahan Sodohoa, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

Salah satunya ialah Muklis (40). Nelayan satu ini mengaku sangat bersyukur karena cuaca saat ini tampak bersahabat meskipun air laut tampak keruh kuning kecoklatan.

Baca Juga: Suasana Haru Iringi Keberangkatan Jemaah Haji Sulawesi Tenggara di Bandara Halu Oleo Kendari

"Tentu kita bersyukur, kita masih dapat ikan yang banyak meskipun air laut masih terlihat keruh akibat hujan, hari ini hujan tapi tidak separah kemarin  tapi tidak menjadi masalah bagi kita," kata Muklis.

Pria asal Wanci ini mengaku memulai aktivitasnya turun melaut dengan 3 orang nelayan lainnya sejak subuh dan kembali ke daratan menjelang sore.

"Kami pakai dua perahu, dengan peralatan seadanya dan pulang sebelum siang untuk makan siang karena perbekalan kami hanya cukup untuk sarapan pagi," ujarnya.

"Untuk waktu pulangnya tidak menentu kadang cepat sebelum siang, kadang juga sore juga tergantung cuaca, takutnya cuaca," tutupnya.

Nelayan lainnya, Naufal (20) juga mengaku tangkapan ikan kali ini cukup banyak, dibanding hari sebelumnya. Hal ini bagi dia, sangat membantu para nelayan mendapatkan pemasukan hari-hari.

"Tentu sangat senang karena beberapa hari tidak melaut karena cuaca. Jadi ini ibaratnya mengganti kerugian tidak melaut kemarin," katanya.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Lepas 55 Jemaah Calon Haji Sulawesi Tenggara Kloter 29

Di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini, ikan menjadi salah satu primadona tangkapan bagi sejumlah nelayan agar dapat menyambung kehidupan.

Seperti yang diungkapkan oleh Ena (40), salah seorang warga sekitar yang hendak membeli dan ikut menyaksikan hasil tangkapan ikan yang dipindahkan ke box gabus.

"Ikan menjadi tangkapan yang sangat dicari nelayan setelah beberapa hari kemarin tidak melaut. Dengan adanya tangkapan ikan hari ini, kemungkinan harga ikan di pasar mengalami penurunan," imbuhnya.

Ia juga berharap agar harga ikan di pasar kembali normal begitu pula dengan cuaca saat ini. (A)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga