Hilal Belum Terlihat di Pantai Buhari Kolaka

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 22 April 2020
0 dilihat
Hilal Belum Terlihat di Pantai Buhari Kolaka
Sejumlah warga Kendari yang memantau hilal di Pulau Buhari, Kolaka. Foto: Ist.

" Secara kasat mata hilal tidak terlihat karena tertutup awan, tetapi setelah kita pantau menggunakan total station (TS) ternyata hilal juga belum terlihat di Pantai Buhari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Hilal yang merupakan bulan sabit muda, sebagai pertanda apakah hari berikutnya sudah terjadi pergantian bulan atau belum, ternyata belum terlihat di Pantai Buhari yang terletak di Desa Tanggetada, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka, Rabu (22/4/2020).

Hal tersebut diungkapkan Perwakilan Tim Pemantau Hilal dari Kendari, Ustadz Eko Yogyantoro, yang ikut melihat hilal di Pantai Buhari bersama sembilan orang lainnya.

Dimana, kata dia, pihaknya berangkat dari Kota Kendari ke Pantai Buhari sekitar jam 8 pagi. Sedangkan pemantauan dilanjutkan mulai pukul 17.00 - 17.20 WITA, ternyata hilal belum terlihat.

Baca juga: Ketua DPRD Kendari Reses Door to Door Berikan Batuan ke Masyarakat

"Secara kasat mata hilal tidak terlihat karena tertutup awan, tetapi setelah kita pantau menggunakan total station (TS) ternyata hilal juga belum terlihat di Pantai Buhari," katanya.

Olehnya itu, Pembina Komunitas Anak Muda Hijrah Kendari ini melanjutkan, karena belum terlihat hilal maka dengan begitu umat Islam yang ada di Indonesia tinggal menunggu hasil rukyat hilal dari belahan negeri muslim lainnya.

"Melihat hilal ini kan fardhu kifayah yang termasuk bagian dari perintah Rasul. Termasuk Arab saudi juga merukyat hari ini, karena memang sudah masuk 29 Sya'ban. Sedangkan kita di sini melihat hilalnya di Pantai Buhari, karena di pantai ini tepat matahari terbenam," lanjutnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga