HKN ke-59, Dinkes Sulawesi Tenggara Kumpulkan 100 Kantung Darah Siap Didonorkan

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Senin, 18 Desember 2023
0 dilihat
HKN ke-59, Dinkes Sulawesi Tenggara Kumpulkan 100 Kantung Darah Siap Didonorkan
Masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan donor darah dalam rangka HKN ke-59. Foto: Ist.

" Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar donor darah sebagai salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-59 "

KENDARI, TELISIK.ID -  Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar donor darah sebagai salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59.

Kegiatan donor darah digelar di lapangan Eks MTQ, Kendari, Sulawesi Tenggara, selama dua hari dan diikuti oleh tenaga kesehatan dari 17 kabupaten/kota dan juga dari berbagai kalangan masyarakat.

Kegiatan ini berhasil mengumpulkan kurang lebih 100 kantung darah yang kemudian akan disalurkan kepada yang membutuhkan sebagaimana yang disampaikan oleh Muhammad Ridwan, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit sekaligus Koordinator Kegiatan Donor Darah.

Baca Juga: Penutupan HKN ke-59, Kepala Dinkes Sulawesi Tenggara Ajak Nakes Berinovasi

“Alhamdulillah ada kurang lebih 100 kantung darah yang berhasil dikumpulkan, jumlah tersebut sudah memberikan manfaat yang cukup banyak,” jelasnya pada Telisik.id.

Didin Rohidin selaku selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan sekaligus Ketua Panitia pada penyelenggaraan HKN ke-59 ini mengaku, tujuan dari kegiatan donor darah adalah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Peserta donor darah melakukan skrining terlebih dahulu sebelum melakukan donor darah. Foto: Ist.

 

“Donor darah dilakukan untuk membantu pemenuhan pasokan darah masyarakat, yang mana kami bekerja sama dengan pihak Palang Merah Indonesia,” jelasnya saat ditemui Telisik.id.

Di kesempatan yang berbeda, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, Usnia, mengajak nakes untuk terus berinovasi sebagaimana tema HKN ke-59, “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju".

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Meriahkan HKN ke-59, Kolaka Timur Juara Favorit

“Melalui tema tersebut, tenaga kesehatan dituntut untuk terus berinovasi, menghadirkan berbagai inovasi-inovasi terbaru di dunia kesehatan untuk mendukung Indonesia maju,” jelasnya saat memberikan sambutan di gala dinner HKN ke-59.

Selain donor darah, rangkaian kegiatan HKN ke-59 Sulawesi Tenggara juga menghadirkan beberapa kegiatan lain yang berkaitan dengan kesehatan. Selain itu, penyelenggaran HKN juga menghadirkan beberapa lomba yang diikuti oleh perwakilan Dinkes dari 17 kabupaten/kota, serta berbagai rumah sakit. (A-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga