Imbauan Reaktivasi Kartu KIS Non Aktif di Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Minggu, 18 Desember 2022
0 dilihat
Imbauan Reaktivasi Kartu KIS Non Aktif di Konawe
Kepala Dinas Sosial, Agus Suyono, menghimbau untuk melakukan reaktivasi terhadap kartu KIS. Foto: Ist.

" Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Konawe, imbau masyarakat yang memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) lakukan reaktivasi jika sudah tidak aktif "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Konawe, imbau masyarakat yang memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) lakukan reaktivasi jika sudah tidak aktif.

Seperti disampaikan Kepala Dinsos Konawe, Agus Suyono, untuk reaktifasi KIS hanya dengan membawa surat keterangan tidak mampu yang diambil dari pemerintah desa (pemdes) setempat yang kemudian di setor melalui dinas sosial.

"Kami akan cek kalau masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tinggal kita reaktifasi, kalau memang belum masuk maka kita akan input dan masukan dalam DTKS," jelasnya.

Baca Juga: Pemkab Muna Perbaiki Data Stunting

Masyarakat diimbau untuk menjaga keaktifan kartu dengan rutin melakukan pengecekan kesehatan menggunakan kartu KIS itu di rumah sakit (RS) atau Puskesmas.

"Setiap bulan dipakai pergi berobat, cek kesehatan atau lainnya, minimal kartu tersebut digunakan, apa bila tidak digunakan selama empat bulan, kartu tersebut akan langsung dinonaktifkan," ungkapnya.

Baca Juga: Tim Ekspedisi Budaya Kota Tua dari Sejumlah Negara Tiba di Baubau

Ia juga menjelaskan, apabila ada anggota keluarga yang baru lahir harus segera dilaporkan dengan memperbaharui KK dan melengkapi data lainnya  agar dilakukan pendataan dan terdaftar dalam program tersebut.

Sementara itu salah satu warga, Erpin menjelaskan, kartu KIS yang ia miliki sudah lama mati karena tidak pernah diperpanjang dan kurang paham untuk memperpanjang masa aktif kartu KIS.

"Harusnya ada pemberitahuan dan sosialisasi untuk proses aktivasi kembali kartu KIS ini," ucapnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga