Indomaret Komitmen Serap Tenaga Kerja Lokal dan Berdayakan Pelaku UMKM di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Jumat, 08 September 2023
0 dilihat
Indomaret Komitmen Serap Tenaga Kerja Lokal dan Berdayakan Pelaku UMKM di Muna Barat
Suasana gerai Indomaret saat diresmikan oleh Pj Bupati Muna Barat, warga antusias berbelanja di gerai tersebut. Foto: Ist.

" Komitmen antara Pemda dengan pihak Indomaret agar menyerap tenaga kerja lokal demi mengurangi angka pengangguran di Muna Barat, sehingga perputaran ekonomi dapat berjalan dengan baik "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Gerai Indomaret pertama di Muna Barat yang berlokasi di Desa Suka Damai, Kecamatan Tiworo Tengah, telah diresmikan. Indomaret berkomitmen dengan Pemda Muna Barat untuk terus meningkatkan ekonomi dan sosial masyarakat.

Diketahui, gerai Indomaret itu telah diresmikan oleh Pj Bupati Muna Barat. Bahri berterima kasih dan mengapresiasi antusias masyarakat, meskipun sebelumnya kehadiran Indomaret di Bumi Praja Laworoku menuai pro dan kontra.

Bahri mengatakan, hadirnya Indomaret sesuai dengan amanat presiden dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, sebagai konteks menciptakan iklim investasi, pemerintah daerah wajib mempermudah masuknya investor di daerah.

Salah satunya dengan kehadiran Indomaret sebagai bentuk investasi dalam memajukan ekonomi masyarakat dan meningkatkan PAD Kabupaten Muna Barat.

"Pihak Indomaret agar selalu memberdayakan para pelaku UMKM baik dari sisi ekonomi maupun sosial," ungkapnya, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga: Indomaret Diyakini Tak Akan Matikan UMKM di Muna

Komitmen antar Pemda dengan pihak Indomaret juga agar hadirnya Indomaret dapat menyerap tenaga kerja lokal demi mengurangi angka pengangguran di Muna Barat, sehingga perputaran ekonomi dapat berjalan dengan baik.

Untuk itu, ke depannya ia meminta agar gerai Indomaret dapat berdiri di wilayah Lawa Raya dan Kusambi Raya, sehingga ia meminta agar masyarakat dapat menerima kehadiran Indomaret dengan baik.

Sementara itu, pimpinan Indomaret, Adi Jati Kusumo mengatakan, dalam hal investasi bisnis, pihaknya selalu memperhatikan masalah ekonomi dan sosial kemasyarakatan, yang mana dari segi ekonomi pihaknya ingin mengangkat program pemerintah terutama pada sembilan bahan pokok.

"Pemda setempat dapat menstabilkan harga, sebab harga di Indomaret mengikuti harga nasional," ungkapnya.

Selanjutnya, dari sisi sosial kemasyarakatan, pihaknya akan memprioritaskan pekerja lokal dari daerah setempat, yang saat ini pekerja di gerai itu masih berjumlah tujuh orang.

Ia mengatakan, kebanyakan kendala UMKM selama ini terletak pada jaringan pemasaran hasil produksi usahanya, sehingga dengan hadirnya Indomaret ini pihaknya akan memberikan dukungan dan fasilitas dengan jaringan telah dimiliki saat ini dalam memberikan kontribusi para pelaku UMKM.

Baca Juga: Sempat Ditolak, Indomaret Bakal Tampung Produk UMKM Muna Barat

Ia juga mengaku akan selalu berkontribusi dalam menggerakkan perputaran ekonomi di Kabupaten Muna Barat.

Sementara itu, salah satu masyarakat, Mitha, mengaku senang dengan hadirnya Indomaret di Muna Barat, sebab memberikan kemudahan dalam berbelanja kebutuhan pokok yang murah, lengkap, dan nyaman.

"Kini lebih dekat, dan harganya juga tidak jauh dengan harga di luar," ungkapnya. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga