Ini 5 Tips Renovasi Rumah Hemat Budget dan Tetap Berkualitas

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 26 Oktober 2022
0 dilihat
Ini 5 Tips Renovasi Rumah Hemat Budget dan Tetap Berkualitas
Untuk menghasilkan renovasi rumah yang berkualitas bisa dilakukan dengan biaya hemat. Foto: Repro desainrumahimpian.net

" Rumah menjadi tempat yang paling nyaman dan aman untuk beristirahat. Makanya konsep menjaga kualitas rumah harus dijaga, termasuk saat direnovasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumah menjadi tempat yang paling nyaman dan aman untuk beristirahat. Makanya konsep menjaga kualitas rumah harus dijaga, termasuk saat direnovasi.

Pada umumnya, dikutip dari cimbniaga.com, renovasi rumah bisa diartikan sebagai sebuah proses atau kegiatan memperbaiki, meremajai, merombak, atau menyempurnakan struktur atau bentuk rumah.

Hal tersebut biasanya terealisasi melalui konsep desain yang telah dibuat agar sesuai dengan kebutuhan proses renovasi rumah.

Untuk menghasilkan renovasi rumah yang berkualitas, tidak selamanya harus mengeluarkan anggaran yang benar. Tapi juga bisa dengan cara hemat, selama tahu caranya.

Baca Juga: 8 Cara Jitu Menambah Banyak Follower di Media Sosial

Melansir suara.com - jaringan Telisik.id, berikut beberapa tips berhemat saat merenovasi rumah dengan budget yang ekonomis:

1. Pilih Konsep Minimalis

Konsep dekorasi rumah sangat menentukan anggarannyang dibutuhkan. Agar anggaran tidak terlalu membengkak, sebaiknya pilih konsep minimalis. Sebab, bangunan rumah tidak terlalu besar dan perkakas yang dibutuhkan pun umumnya tidak terlalu banyak.

2. Gunakan Barang yang Masih Layak Pakai

Renovasi tidak harus memakai barang-barang yang baru. Coba lihat ke sekeliling  mungkin saja masih ada barang yang sebenarnya masih sangat layak digunakan. Barang-barang bekas material reuse, seperti kayu, bongkaran genteng, bekas kusen jendela dan pintu sebenarnya masih bisa dimanfaatkan.

Produk-produk bekas yang biasanya dijual dengan harga miring, tentu akan meminimalisir anggaran.

3. Cerdas Memilih Toko Bangunan

Dalam membeli bahan bangunan, tentu harus cerdas dan cermat agar kualitasnya terjamin. Carilah beberapa toko alternatif dengan harga yang terjangkau. Hal itu bisa didapatkan dengan berbelanja di toko offline maupun online.

Nah, cobalah bandingkan harga diskon dari beberapa toko untuk mendapatkan harga terbaik agar bisa menghemat anggaran.

4. Lakukan Sendiri Untuk Pekerjaan Renovasi Sederhana

Dalam renovasi rumah, yang paling menguras kantong paling besar salah satunya jasa tukang. Untuk pekerjaan-pekerjaan yang sederhana, seperti mengebor dan mengecat dinding, sebaiknya lakukan sendiri.

Baca Juga: 6 Cara Penanganan Pertama Saat Anak Demam

Oleh sebab itu, siapkan beberapa perkakas yang dapat diandalkan di rumah, seperti set bor listrik dari Krisbow untuk pengeboran tembok, kayu, hingga besi. Dengan tambahan fungsi gerinda, juga dapat membantu menghaluskan permukaan besi dan menghilangkan karat. 

5. Do it yourself (DIY) Hiasan Rumah atau Interior

Untuk urusan interior, dapat dikerjakan sendiri atau do it yourself (DIY) dengan mencari beberapa referensi di internet maupun media sosial.

Sebelum mengerjakannya mungkin perlu menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti lem tembak, amplas, dan kuas roller agar pada saat pengerjaan bisa dilakukan dengan mudah. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga