3 Masker Berbahan Alami untuk Perawatan Kulit Sensitif

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 06 Februari 2023
0 dilihat
3 Masker Berbahan Alami untuk Perawatan Kulit Sensitif
Masker dari bahan alami menjadi pilihan yang dapat digunakan untuk merawat kulit yang sensitif ini. Foto: beautynesia.id

" Salah satu cara untuk melakukan perawatan kulit yang sensitif adalah dengan menggunakan masker dari bahan alami "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu cara untuk melakukan perawatan kulit yang sensitif adalah dengan menggunakan masker dari bahan alami.

Pada umumnya, dikutip dari senka.id, kulit sensitif merupakan kondisi saat kulit rentan iritasi dan mengeluarkan reaksi berlebih setelah terpapar zat tertentu dari produk kosmetik, paparan sinar matahari, ataupun udara.

Meskipun gejalanya sering kali tidak terdeteksi, umumnya pemilik kulit sensitif akan merasakan sensasi gatal, perih, dan kering saat kambuh.

Masker dari bahan alami menjadi pilihan yang dapat digunakan untuk merawat kulit yang sensitif ini.

Baca Juga: 4 Penyebab Kamu Sulit Tidur di Malam Hari

Melansir yoursay.id dari Boldsky, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat dijadikan masker untuk merawat kulit yang sensitif:

1. Jeruk dan Kuning Telur 

Pemilihan jeruk sebagai bahan alami dalam perawatan kulit yang sensitif didapat dari pertimbangan kandungan pada jeruk yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini berguna sebagai antioksidan baik yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan.

Selain itu, sifat anti-inflamasi yang ada pada jeruk dapat memberi efek menenangkan bagi kulit.

Tidak hanya manfaat di atas, kandungan asam sitrat dalam jeruk juga dapat berperan dalam menyegarkan kulit yang sensitif.

Jeruk dapat dikombinasikan dengan kuning telur, minyak zaitun, dan air mawar sebagai masker dalam upaya perawatan kulit yang sensitif.

Cara penggunannya yakni dengan menambahkan 1 sdt jus jeruk, 1 kuning telur, 1 sdt minyak zaitun, beberapa tetes air mawar, dan beberapa tetes air jeruk nipis menjadi satu.

Campuran semua bahan kemudian dioleskan pada wajah Anda dan didiamkan selama 15 menit. Setelah itu, wajah dapar dibilas menggunakan air hangat.

2. Mentimun, Oat, dan Madu 

Masker alami dapat dibuat dari bahan utama berupa mentimun. Mentimum  memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat memberikan efek menenangkan dan melembabkan bagi kulit.

Sifat antioksidan juga ternyata ditemukan pada mentimum sangat berperan dalam melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, iritasi dan pembengkakan yang terjadi pada kulit juga dapat diatasi dengan menggunakan bahan mentimun.

Pembuatan masker mentimun untuk kulit yang sensitif dilakukan dengan mencampurkan 1 sdm jus mentimun, 1 sdm madu, dan 3 sdm oat menjadi sebuah pasta yang sangat berguna untuk perawatan wajah.

Masker ini kemudian dapat dioleskan pada wajah dan dibiarkan selama 15 menit. Berikutnya wajah dapat dibilas menggunakan air bersih dan rasakan kesegaran yang menenangkan pada kulit.

3. Oatmeal dan Yougurt 

Kulit sensitif membutuhkan produk dengan kandungan sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat memberikan efek menenangkan bagi kulit sekaligus melindungi dari kerusakan. Sifat tersebut dapat dijumpai pada bahan alami yang ada di sekitar kita yakni oatmeal.

Jika ditambah yougurt, kedua bahan alami ini akan membuat kulit menjadi lebih halus, dapat membantu mengangkat sel kulit mati, dan menyegarkan kulit.

Baca Juga: Ini Bahaya Pakai Air Liur untuk Pelumas Saat Berhubungan Seks

Semua manfaat tersebut didapat dari kandungan asam laktat yang dimiliki pada bahan yougurt.

Campuran oatmeal dan yougurt dapat menjadi masker alami yang dapat langsung dioleskan pada pada wajah.

Setelah itu, tunggu hingga 10-15 menit dan usap menggunakan handuk yang telah dicelupkan ke air hangat untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Nah, itulah beberapa masker alami yang dapat dimanfaatkan untuk kulit yang sensitif. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga