Ini Janji Lukman Abunawas Usai Lantik Pengurus DMI Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Minggu, 25 April 2021
0 dilihat
Ini Janji Lukman Abunawas Usai Lantik Pengurus DMI Kolaka Utara
Penyerahan Al-Qur'an secara simbolis oleh Ketua PW DMI Sultra, Lukman Abunawas, kepada Ketua PD DMI Kolaka Utara, Taufiq Sonda. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Jadi mereka akan diberikan kartu ATM, yang dengan kartu itu mereka dapat mengambil beras dan telur di masjid. Mereka cukup memasukan kartu, setelah itu akan keluar 3 liter beras dan 10 butir telur. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Lukman Abunawas sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Sulawesi Tenggara, berjanji akan menyediakan mesin ATM beras dan telur.

ATM beras dan telur itu akan ditempatkan di satu masjid yang ditunjuk PD DMI Kolaka Utara. Mesin ATM tersebut berfungsi memberikan layanan kepada masyarakat ekonomi lemah.

"Jadi mereka akan diberikan kartu ATM, yang dengan kartu itu mereka dapat mengambil beras dan telur di masjid. Mereka cukup memasukan kartu, setelah itu akan keluar 3 liter beras dan 10 butir telur," terangnya.

Hal itu diungkapkan Lukman Abunawas usai mengukuhkan dan melantik Pengurus Daerah (PD) DMI Kabupaten Kolaka Utara masa bakti 2021-2026 yang diketuai Dr. Taufiq Sonda, SP. MM, di aula Islamic Center Masjid Agung Bahrurrasyad wa Ittihad Kota Lasusua, Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: Plt Bupati Koltim Manfaatkan Kunjungan Ridwan Bae

ATM tersebut lanjutnya, mampu menyediakan 100 liter beras dan terbuka 1 x 24 jam.

"Mudah-mudahan dimasa-masa yang akan datang semua kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara dapat memiliki dua sampai tiga mesin-mesin ATM sesuai tingkat kebutuhan masyarakat setempat," jelasnya.

Selain itu, ia juga memberikan ruang kepada ratusan masjid di Kolaka Utara yang membutuhkan bantuan dana renovasi masjid dan musala untuk membuat proposal kemudian mengajukan ke Biro Kesra Provinsi Sultra.

"Bagi masjid dan musala yang membutuhkan dana renovasi, silakan buat proposal kemudian diajukan ke Biro Kesra. Insya Allah kami akan bantu," bebernya.

Tidak hanya itu, Wakil Gubernur Sultra ini juga berjanji akan mengumrahkan tiga orang imam masjid, dua orang guru mengaji, dan satu orang majelis taklim.  

Baca juga: Potensi Keuangan Menurun karena Pandemi, Pemkab Kolut Optimis Ekonomi Membaik

"Dengan syarat mereka aktif menjalankan tugasnya masing-masing," pungkasnya.

Lukman Abunawas berharap pengurus DMI Kolut yang dilantik dapat membangun dan menjaga persatuan dan kesatuan internal umat Islam.

"Semua Ormas dan OKP Islam ayo kita kembali ke masjid, membina dan melayani umat berbasis masjid, tinggalkan perdebatan-perdebatan yang sifatnya khilafiyah yang menguras energi umat. Satukan persamaan dan jangan perbesar perbedaan," pesannya.

Dia juga meminta untuk saling menghormati dan menjaga ukhuwah dan jati diri agama Islam, membantu program-program pemerintah berbasis masjid, memberdayakan, dan mencerahkan umat.

Pelantikan PD DMI Kolut turut dihadiri Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH, Ketua DPRD Kolut Buhari, Wakil Ketua II DPRD Kolut Agusdin, S.Kom, Kepala Kemenag Kolaka Utara, serta Kepala OPD lingkup Pemkab Kolut. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga