Ini Keahlian yang akan Dibangun BLK Kota Baubau, Ada Skill Kamu?

Elfinasari, telisik indonesia
Kamis, 25 Januari 2024
0 dilihat
Ini Keahlian yang akan Dibangun BLK Kota Baubau, Ada Skill Kamu?
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau, Mohamat Abduh, mengatakan bahwa terdapat 14 skill yang akan di bangun BLK Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Balai Latihan Kerja (BLK) mulai dibangun tahun 2024 ini dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)z guna meningkatkan skill atau keahlian masyarakat "

BAUBAU, TELISIK.ID - Balai Latihan Kerja (BLK) mulai dibangun tahun 2024 ini dalam rangka pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)z guna meningkatkan skill atau keahlian masyarakat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Baubau, Mohamat Abduh mengungkapkan, dua jalur pengembangan SDM, yaitu melalui pendidikan formal dan non formal.

"Jadi, pembangunan BLK diarahkan untuk mengembangkan SDM secara non formal, mengikuti kebutuhan kompetensi masyarakat secara umum," ungkapnya, Kamis (25/1/2024).

Ia menyatakan, untuk bangunan kantor BLK sudah mulai rangkum di Palabusa, Kecamatan Lea-Lea dan dibangun oleh pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara. Lahan yang dipersiapkan 10 hektare lebih sangat luas dibanding Kota Kendari yang hanya berkisar 4 hektare.

Baca Juga: Ribuan Anggota KPPS Kota Baubau Dilantik, KPU Tekankan Profesionalitas

“Jadi bukan hanya bangunan yang akan didirikan, masih banyak yang harus dipersiapkan mulai dari peralatan hingga instruktur untuk BLK dan kita akan panggil memang orang-orang yang ahli dibidangnya,” ucapnya.

Pembangunan BLK direncanakan secara bertahap, dengan harapan dapat beroperasi sepenuhnya dalam 5-6 tahun ke depan.

“Andaikan kita nanti membangun secara bertahap lima sampai enam tahun kedepan BLK secara utuh sudah siap, jadi kalau kita dirikan satu tahun dua workshop jadi selama lima sampai enam tahun kedepan sudah siap," tuturnya.

Sebanyak 14 keahlian atau keterampilan akan difokuskan oleh BLK Kota Baubau, disesuaikan dengan minat dan keterampilan masyarakat setempat.

Adapun 14 skill tersebut yaitu teknik las, teknik otomotif, teknik listrik, teknik elektronik, bangunan, teknologi informasi dan komunikasi, tata kecantikan, tata busana, pariwisata, pertanian, perikanan, processing, agribisnis, dan industri kreatif.

Baca Juga: Simulasi Pemilu, Ini Masukan Bawaslu Saat Hari Pencoblosan di Baubau

Pembangunan ini mencakup workshop, asrama, fasilitas olahraga, dan fasilitas publik.

Ia menyampaikan harapannya bahwa BLK di Kota Baubau akan memberikan kontribusi positif, dan dengan perencanaan bertahap, diharapkan BLK dapat beroperasi sepenuhnya dalam lima sampai enam tahun.

Langkah ini merupakan terobosan dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja di Kota Baubau khususnya dan provinsi Sulawesi Tenggara umumnya agar mampu beradaptasi, bertahan di tengah perubahan dunia kerja dan mampu menghadapi persaingan lokal, regional maupun global yang semakin ketat.

Dikutip dari Kemnaker.go.id, berdasarkan Pasal 3 Persyaratan pendirian BLK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 harus memiliki: Lahan, studi kelayakan, dokumen analisa lingkungan hidup, struktur organisasi, Program Pelatihan Kerja, Instruktur dan Tenaga Pelatihan serta Sarana dan Prasarana. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga