Ribuan Anggota KPPS Kota Baubau Dilantik, KPU Tekankan Profesionalitas

Elfinasari, telisik indonesia
Kamis, 25 Januari 2024
0 dilihat
Ribuan Anggota KPPS Kota Baubau Dilantik, KPU Tekankan Profesionalitas
Pelantikan anggota KPPS yang berlangsung di Kelurahan Bukit Wolio Indah Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Sebanyak 3.143 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, dilantik hari ini, Kamis (25/1/2024) "

BAUBAU,TELISIK.ID - Sebanyak 3.143 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, dilantik hari ini, Kamis (25/1/2024).

Mewakili Ketua KPU RI, Kepala Divisi Hukum KPU Kota Baubau, Masril Zamuri menyampaikan, pentingnya peran KPPS dalam pemilu sesuai dengan UU no 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Salah satu tugas KPPS yaitu melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan hari ini dilakukan pelantikan KPPS di seluruh Indonesia.

Pelantikan ini juga ditandai dengan penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

Baca Juga: Simulasi Pemilu, Ini Masukan Bawaslu Saat Hari Pencoblosan di Baubau

KPU berkomitmen meningkatkan layanan dengan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada seluruh anggota atau berjumlah tujuh anggota KPPS per TPS, berbeda dengan praktik sebelumnya yang hanya memberikan Bimtek kepada satu orang anggota KPPS.

“Kami berharap agar anggota KPPS bekerja sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, Kode Etik Penyelenggara Pemilu, dan bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab, dan transparan,” ucapnya.

Lurah Bukit Wolio Indah (BWI), Wa Ode Nurhayati menjelaskan, untuk Kelurahan BWI melantik 231 anggota KPPS. Hal ini menjadi jumlah terbanyak se-Kota Baubau dengan 33 TPS.

Ia berharap, agar KPPS BWI menjadi yang terbaik dalam penyelenggaraan pemilu tahun ini. Anggota KPPS di BWI didominasi oleh kaum milenial, hal ini dianggap luar biasa karena masih memiliki energi dan konsentrasi penuh.

Ia juga mengatakan, agar anggota KPPS dapat bekerja secara profesional, berkoordinasi dengan baik, terutama dengan pihak KPU dan tokoh masyarakat setempat.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, melaksanakan pemungutan suara di setiap TPS diakui sebagai tugas yang tidak mudah, membutuhkan ketelitian, kedewasaan, profesionalitas, dan pemahaman menyeluruh terhadap tugas masing-masing.

Selanjutnya akan diselenggarakan bimbingan teknis, diharapkan anggota KPPS mengikuti Bimtek dengan baik mengingat kondisi lapangan yang kini banyak dilakukan secara digital atau melalui aplikasi.

Baca Juga: Sempat Digigit, Warga Baubau Berhasil Lolos dari Terkaman Buaya

Kesuksesan penyelenggaraan pemilu diyakini bergantung pada peran KPPS, dan pelantikan KPPS secara serentak dilakukan di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Bukit Wolio Indah, Kota Baubau.

Sementara itu, Ketua Divisi Teknik dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Baubau, Farida menyatakan, anggota KPPS Kota Baubau yang dilantik berjumlah 3.143, dengan perincian dari 449 TPS se-Kota Baubau dan masing-masing jumlah anggota tujuh orang per KPPS.

“Jumlah KPPS di Baubau sebanyak 449 KPPS dikali tujuh anggota, jadi kalau tidak salah 3.143 secara keseluruhan”ucapnya

Selanjutnya, akan ada Bimtek untuk memastikan anggota KPPS 1-7 fasih saat pelaksanaan pemilu. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga