Ini Pesan Terakhir Sultan Buton ke-40 Sebelum Tutup Usia

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 27 Maret 2024
0 dilihat
Ini Pesan Terakhir Sultan Buton ke-40 Sebelum Tutup Usia
Jenazah Sultan Buton ke-40 H LM Izat Manarfa. Foto: Elfinasari/Telisik

" Kabar duka menyelimuti masyarakat jazirah Buton. Sultan Buton ke 40, H LM Izat Manarfa, telah tutup usia pada Selasa (26/3/2024) "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kabar duka menyelimuti masyarakat jazirah Buton. Sultan Buton ke 40, H LM Izat Manarfa, telah tutup usia pada Selasa (26/3/2024).

LM Izat Manarfa menghembuskan napas terakhir di RS Bahteramas Kendari sekitar pukul 18.10 Wita.

Berdasarkan pantauan Telisik.id di rumah duka di Kamali Baadia, terdapat puluhan karangan bunga memenuhi tempat disemayamkan Almarhum.

Baca Juga: Tiga Tempat Ngabuburit Favorit Outdoor di Kota Baubau

Menurut Syamsul Qamar, adik ipar almarhum, sebelum meninggal Sultan terlihat kelelahan karena sering melakukan kunjungan ke berbagai wilayah, termasuk terakhir ke Sulawesi Tengah, dan kemudian langsung melakukan ibadah umrah.

"Ada juga dugaan bahwa kesehatannya memburuk setelah mengalami kejadian jatuh yang tidak disampaikan sebelumnya," ungkap Rektor Unidayan Baubau itu, Rabu (27/3/2024).

Sultan Buton yang berpulang pada usia ke-77 tahun mengungkapkan pesan terakhirnya ketika mengunjungi kuburan ayahnya di Masjid Quba, belum lama ini.

Saat itu, LM Izat Manarfa ingin disamping makam ayahnya. Sebelum kembali ke Buton, ia sempat mengajar di Rqm, namun kemudian menyatakan keinginannya untuk pergi jauh.

"Karena pulang ke rumah tidak mau makan lagi sehingga dia dirawat. Setelah itu dibawa ke Kendari ternyata komplikasinya sudah banyak. Saat mau cuci darah, meninggal mi setelah buka puasa kemarin," ujarnya.

Sementara itu, keponakan Almarhum Sultan Buton ke-40, Feby mengaku sangat terpukul atas berpulangnya LM Izat Manarfa. Ia terakhir kali melihat almarhum saat acara akad nikahnya pada 20 Februari 2023 lalu.

Baca Juga: Nongkrong di Tempat Gelap, Pasangan Remaja di Baubau Kena Patroli

"Kemarin, menghembuskan napas terakhir di RS Bahteramas Kendari sekitar pukul 18.10 Wita. Sepertinya selesai Ashar ini akan dikuburkan," ungkapnya, Rabu (27/3/2024).

Sementara itu, Lila yang juga merupakan keponakan Sultan Buton yang ke 40 tak sanggup menahan isak tangis sebab ia mengenang jasa LM Izat Manarfa sewaktu masih hidup.

"Itu Kakeku orang paling baik, karena dia dokter dia tolong orang dan setiap acara keluarga kalau dia sempat hadir dia hadir," ungkapnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga