Pernah Blokade Jalan, Kini Jalur Provinsi Desa Watumerembe Konawe Selatan Teraspal

Ashar Hamka, telisik indonesia
Kamis, 20 Oktober 2022
0 dilihat
Pernah Blokade Jalan, Kini Jalur Provinsi Desa Watumerembe Konawe Selatan Teraspal
Perjuangan warga Konawe Selatan untuk menuntut perbaikan jalan berbuah manis. Kini jalan telah teraspal. Foto: Ashar hamka/Telisik

" Asa warga, khususnya di Desa Watumerembe, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan, agar jalur jalan provinsi yang membentang di sepanjang desa, teraspal, akhirnya terwujud "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Asa warga, khususnya di Desa Watumerembe, Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan, agar jalur jalan provinsi yang membentang di sepanjang desa, teraspal, akhirnya terwujud.

Ruas jalan sepanjang kurang lebih 2 kilometer, yang menuju akses ke Ibu kota ini,  telah menghitam, alias teraspal.

Nisra, masyarakat pengguna kendaraan roda dua, yang biasa melewati jalur jalan ini, mengaku bersyukur dan senang. Mengingat, rusaknya kondisi ruas jalan itu, sudah berselang lama. Tanpa ada respon perbaikan yang berarti.

Baca Juga: P3APPKB Sulawesi Tenggara Kolaborasi Bersama DP3A Muna Barat Bentuk Forum Puspa

“Enakmi kita jalan sekarang. Sudah tidak berdebu dan berguncang-guncang kalau bawa motor,“ tuturnya, Kamis (20/10/2022).

Amrin, warga lainnya menuturkan, agar perbaikan ruas jalan itu, jangan hanya berada di jalur yang menghubungkan Desa Watumerembe saja. Tetapi juga hingga ke desa-desa berikutnya. Pasalnya, jalur jalan tersebut masih panjang. Apalagi sebagai seorang petani, kebutuhan akses jalan yang bagus dan mulus sangat dibutuhkan untuk memasarkan hasil kebunnya.

“Tanggung sekali mi. Kalau bisa sampai ke jalur jalan Ibu kota. Atau arah sebaliknya. Ibaratnya ini hanya setengah atau sedikit ji dalam menyelesaikan persoalan jalan,“ ungkapnya.

Kendati bersyukur dengan kondisi jalan mulus itu, keduanya sepakat, jika kini agak sedikit rawan kecelakaan. Pasalnya, kendaraan roda dua maupun empat, memacu kendaraannya sedikit lebih kencang. Jadi kebutuhan akan rambu-rambu lalu lintas perlu diperhatikan.

Baca Juga: Selamatkan Anggota DPRD dan Pemkab Muna jadi Alasan Sekda Ganti Sekwan

Beberapa tahun sebelumnya, masyarakat Desa Watumerembe melakukan aksi tutup jalan, di ruas jalan ini. Blokade itu berlangsung selama beberapa hari. Tuntuan mereka saat itu, agar ada pengaspalan jalan.

Langkah tersebut dilakukan agar ada perhatian pemerintah daerah, baik Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, maupun pemerintah provinsi.

Saat itu, Nurmaedah, seorang warga menyampaikan keinginan agar dapat menikmati jalan mulus di sepanjang jalur Desa Watumerembe sudah lama mereka impikan.

“Lamami kita makan debu," kata Ibu dua anak itu. (A)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga