Ini Profil Kadis PUPR Muna Barat yang Baru Dilantik

Rasmin Jaya, telisik indonesia
Selasa, 09 Mei 2023
0 dilihat
Ini Profil Kadis PUPR Muna Barat yang Baru Dilantik
Kadis PUPR Muna Barat, Unding (kiri) saat dilantik oleh Pj Bupati, Bahri (kanan). Foto: Ist.

" Setelah menunggu beberapa lama, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat kini melantik delapan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup pemerintah daerah, Jumat, 5 Mei 2023 lalu "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Setelah menunggu beberapa lama, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat kini melantik delapan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup pemerintah daerah, Jumat, 5 Mei 2023 lalu.

Dalam pelantikan tersebut ada 8 pejabat yang menduduki posisi jabatan tersebut. Salah satu di antara 8 pimpinan tinggi pratama tersebut adalah Unding yang menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Pembangunan Umum Penataan Ruang (PUPR).

Namun tak lama berselang, setelah pelantikan itu dilakukan ada segelintir orang yang mempertanyakan keasliannya sebagai  putra daerah ataukah pendatang di Muna Barat.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Raih Terbaik I Paritrana Award

Dengan hal tersebut, Unding menanggapi dengan santai, itu karena belum kenal saja dan tidak faham. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan seleksi sosial pasti akan sadar.

"Yang penting niat saya baik, kembali ke Muna Barat untuk memberikan manfaat kepada kampung tanah kelahiran saya,” ungkapnya pada, Selasa (9/5/2023).

Ia juga mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada Pemda Muna Barat di bawah kepemimpinan Pj Bupati, Bahri yang telah mempercayakan dirinya menjadi Kepala Dinas PUPR Muna Barat.

“Tentu ini adalah tanggung jawab besar yang diberikan oleh pemda kepada saya," ungkapnya.

Ia menilai, itu adalah panggilan nurani yang harus ia terima, apalagi sebagai putra daerah tentunya bisa memberikan kontribusi terbaik terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Muna Barat ke depannya.

Sebagai putra daerah tentu sangat bersyukur untuk kembali menata daerah sendiri, dengan mengabdikan diri terhadap pemerintah dan masyarakat secara umum.

Perlu diketahui profil dan perjalanan kariernya Unding sebagai Kadis PUPR adalah putra daerah Muna Barat yang lahir di salah satu pulau kecil yakni Pulau Katela yang terletak di Kecamatan Tiworo Kepulauan.

Ia lahir pada 18 Desember 1978, dirinya pernah menempuh pendidikan di SDN Pulau Katela 1990, SMPN Kambara 1993, SMA Ujung Pandang 1996.

Sementara pendidikan S1 ditempuh di Sekolah Tinggi Pertanian, Jurusan Teknologi  2004 dan Pendidikan S2 Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo (UHO) 2010 Jurusan Perencanaan Pengembangan Wilayah (PPW).

Sehingga apa yang dikabarkan jika dirinya adalah bukan putra daerah itu tidak betul, ditambah lagi sepak terjangnya yang sudah malang melintang di dunia pemerintahan dan birokrasi.

Sebelumnya, Unding pernah menjabat sebagai Kepala Kehutanan Kabupaten Muna, Muna Barat dan Buton Tengah tahun 2017-2021, pernah menjabat sebagai fungsional Perencanaan Bappeda Muna, dan menjadi Camat Towea 2021-2023.

Terakhir, pernah mengikuti diklat kepemimpinan Tingkat Kinerja (TK) 4, tahun 2013, diklat kepemimpinan Tingkat Kinerja (TK) 3 tahun 2018 di Surabaya.

Unding juga adalah satu-satunya Kepala Dinas di Muna Barat yang mewakili wilayah kepulauan Kabupaten Muna Barat yakni sebagai putra Pulau Katela.

Baca Juga: Deker Tinggi Rawan Kecelakaan Diperbaiki Pemda Muna Barat

Salah satu putra kepulauan Muna Barat yakni yang kini mahasiswa Ilmu Politik Pasca Sarjana Universitas Nasional Jakarta, Didin Alkindi mengatakan, penunjukan Unding merupakan hak konstitusi pemda sebagai bagian dari progres pemerintah dalam melakukan reformasi birokrasi yang diikuti dengan aturan yang berlaku.

“Pejabat yang dipilih dan ditempatkan di pemerintahan kan, kita nilai mereka yang sudah memiliki segudang pengalaman dan akuntabel yang mumpuni agar tata kelola pemerintahan memiliki nilai yang baik,” ucap Alkindi.

Untuk itu dalam pelantikan tersebut, Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengharapkan sinergitas bagi para kepala OPD yang baru terlantik serta selalu taat.

"Bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Pastikan realisasi APBD," ungkapnya. (A)

Penulis: Rasmin Jaya

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga