Ini Rangkaian HUT Kota Kendari ke-192

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 02 Februari 2023
0 dilihat
Ini Rangkaian HUT Kota Kendari ke-192
Rapat pemantapan persiapan pembukaan HUT Kota Kendari bertempat di Ruang Pola Balai Kota. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Kota Kendari sebentar lagi menginjak usia ke-192 tahun. Beragam persiapan dilakukan oleh pemkot demi menyukseskan kegiatan tersebut seperti pungut sampah, nikah massal hingga jalan santai "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota Kendari sebentar lagi menginjak usia ke-192 tahun. Beragam persiapan dilakukan oleh pemkot demi menyukseskan kegiatan tersebut seperti pungut sampah, nikah massal hingga jalan santai.

Rangkaian kegiatan tersebut akan dilaunching pada 3 Februari 2023 mendatang di RTH Papalimba Puday, Kelurahan Lapulu, Kecamatan Abeli, Kota Kendari.

Ketua panitia HUT Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, terdapat 20 kegiatan yang akan mengisi rangkaian HUT Kota Kendari tahun ini.

Baca Juga: Polisi Larang Pelajar Bawa Motor ke Sekolah Gegara Angka Kecelakaan Meningkat

Selain itu, ada beberapa perlombaan yang akan menyemarakkan HUT Kota Kendari seperti lomba futsal, mosolori, serta beragam permainan tradisional lainnya.

Kegiatan dimulai dengan pungut sampah yang akan dilakukan oleh pihak OPD dan masyarakat Kota Kendari. Ridwansyah mengaku, jika kegiatan tersebut untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan terutama di kawasan teluk yang sering dipenuhi sampah.

"Karena Teluk Kendari ini kan karakteristik Kota Kendari yang tidak dimiliki daerah lain. Tetapi sampah di situ banyaknya minta ampun," kata Ridwansyah usai rapat pemantapan persiapan pembukaan HUT Kota Kendari, Rabu (1/2/2023).

Dalam menyukseskan kegiatan itu, Ridwansyah menyebut melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), PKK, Dharmawanita, Dekranasda, Pramuka, masyarakat dan para nelayan.

"Mereka akan ikut andil dalam wisata pungut sampah di RTH Talia Lapulu, nanti kita naik kapal sambil memungut sampah," jelasnya.

Selain itu, khusus nikah massal, hanya diperuntukkan bagi warga Kota Kendari yang telah menikah secara agama dan hidup serumah, namun belum memiliki kepemilikan buku nikah.

Baca Juga: Wisuda Mahasiswa UHO Dimanfaatkan Pedagang

Sehingga pemkot berinisiatif untuk membantu memfasilitasi mereka agar mendapatkan buku nikah. Kegiatan juga dirangkaikan dengan launching aplikasi Layanan Unggul Lewat Online (LULO). 

Aplikasi tersebut akan menjadi terobosan pemkot dalam memberikan pelayanan yang mudah dan informasi pada masyarakat dengan lebih efektif dan efisien. 

Seorang warga Kota Kendari, Rahmatia mengaku tertarik dengan kegiatan yang dilakukan oleh pemkot dalam HUT Kota Kendari, ia akan berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Namun, ia juga berharap kegiatan itu bukan sekedar formalitas belaka melainkan bisa merubah pemkot menjadi lebih baik. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga