Tips Tetap Bisa Makan Nasi saat Diet, Tak Menambah Berat Badan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 25 Agustus 2023
0 dilihat
Tips Tetap Bisa Makan Nasi saat Diet, Tak Menambah Berat Badan
Tips diet tetap makan nasi yang paling penting adalah mengurangi porsi. Foto: Repro Jateng.tribunnews.com

" Nasi mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Tapi Anda tetap bisa makan nasi saat diet, asal dengan cara yang tepat "

KENDARI, TELISIK.ID - Nasi biasa menjadi makanan yang dilarang untuk dikonsumsi saat menjalani diet. Nasi mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Tapi Anda tetap bisa makan nasi saat diet, asal dengan cara yang tepat.

Dilansir dari Diadona.id dan Nakita.grid.id, berikut rangkuman cara agar tetap bisa makan nasi saat diet tanpa menambah berat badan.

1. Kurangi Porsi Nasi

Tips diet tetap makan nasi yang paling penting adalah mengurangi porsi nasi. Porsi nasi yang ideal untuk orang dewasa yang sedang diet adalah sekitar 1/4 piring.

Jika kamu merasa lapar, bisa dengan menambahkan lauk dan sayur yang lebih banyak. Cara lainnya, kamu bisa mengakali untuk mengonsumsi nasi hanya di jam makan siang saat proses diet.

2. Pilih Jenis Nasi yang Tepat

Pilihan jenis nasi dapat memengaruhi dampaknya terhadap berat badan dan kesehatan. Saat menjalani program diet, kamu bisa memilih nasi merah, nasi coklat, atau nasi yang lebih rendah indeks glikemiknya daripada nasi putih.

Jenis nasi-nasi tersebut mengandung lebih banyak serat dan nutrisi, sehingga membantumu merasa kenyang lebih lama.

3. Tingkatkan Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah mengandung serat dan nutrisi yang tinggi, sehingga dapat membantumu merasa kenyang lebih lama dan mencegah kamu untuk makan berlebih. Nasi putih memang dapat membuat kita lapar lebih cepat, karena itu selalu tambahkan sayuran saat makan, ya.

Baca Juga: Tips Diet Air Putih, Cara Mudah dan Cepat Kurus

Pastikan untuk mengonsumsi setidaknya 5 porsi sayur dan buah setiap hari. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah akan mempermudah proses pencernaan dalam tubuh, dan metabolisme menjadi lebih lancar.

Biar nggak bosan konsumsi sayuran saat sedang diet, masak sayuran dengan cara sehat tapi tetap enak.

4. Hindari Makanan Tinggi Kalori dan Lemak

Gorengan, makanan dan minuman manis, makanan olahan, kerupuk, dan makanan tinggi kalori lainnya akan sangat memengaruhi hasil diet kamu. Sebaiknya, saat menjalani program diet hindari makanan-makanan tersebut saat mengonsumsinya bersama nasi.

Selain menggagalkan proses dietmu, makanan ini juga tidak memberikan nutrisi yang cukup dalam tubuh. Sebaiknya pilih lauk rendah kalori, seperti ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur rebus atau tahu tempe dan sayuran.

5. Batasi Konsumsi Gula dan Garam

Gula dan garam dapat meningkatkan asupan kalori dalam tubuh. Karena itu, kamu perlu memberi batasan untuk asupan pada makanan dietmu. Jangan sampai, progress dietmu gagal karena kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan garam atau gula yang tinggi.

6. Minum Air Putih yang Cukup

Diet yang sehat adalah dengan mengimbangi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Selain mengonsumsi nasi, maka pastikan asupan cairan di tubuhmu tercukupi. Minum air putih yang cukup dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Air putih juga penting untuk menjaga kesehatan.

7. Pastikan Teknik Memasak Nasi yang Benar

Mengonsumsi nasi saat diet, maka Anda perlu memperhatikan proses memasaknya agar hasilnya baik. memasak nasi juga berpengaruh pada nilai nutrisinya. Cobalah untuk menghindari mengolah nasi dengan banyak mentega atau minyak.

Lebih baik memilih cara memasak yang lebih sehat seperti di rice cooker atau memasak nasi dengan panci. Sementara, hindari makan nasi goreng dulu.

8. Perhatikan Waktu Makan

Penting untuk menjaga interval waktu antara makan nasi dan waktu tidur malam. Menghindari makan nasi terlalu larut malam dapat membantu tubuh membakar kalori dengan lebih efektif. Ada baiknya, hindari makan ansi saat malam hari.

Baca Juga: Tak Asal Banyak Makan, Ini Tips Diet Menambah Berat Badan yang Aman

Tapi, kamu bisa menggantinya dengan makan salad atau sup tanpa nasi putih agar lebih kenyang.

9. Olahraga Teratur

Menjalani diet dengan makan nasi, tentu saja kamu harus menyeimbangkannya dengan olahraga. Melakukan olahraga dapat membantu kamu membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Pastikan untuk berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Dengan begitu berat badan juga akan stabil bahkan selalu menurun dengan konsisten. Makan nasi saat diet menjadi hal yang tidak mengkhawatirkan.

10. Tetap Konsisten dan Sabar

Untuk mendapati hasil diet yang optimal tidak bisa dengan cara instan. Memerlukan waktu dan konsistensi. Maka tetaplah bersabar dan berkomitmen dalam program diet yang kamu jalani.

Perhatikan pola makan seimbang agar menjadi gaya hidup sehat berkelanjutan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga