Intip Rutinitas Wanita Jepang Bikin Rambut Lembut dan Atasi Rambut Rontok

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 01 Agustus 2023
0 dilihat
Intip Rutinitas Wanita Jepang Bikin Rambut Lembut dan Atasi Rambut Rontok
Orang Jepang biasanya menggunakan pembersih yang lembut dan bebas sulfat untuk menjaga minyak alami rambutnya. Foto: Repro Brilio.net

" Perawatan rambut wanita Jepang lebih dari sekadar rutinitas, melainkan sebuah seni, praktik penuh perhatian yang kaya akan budaya dan tradisi "

KENDARI, TELISIK.ID - Orang Jepang tidak hanya dikenal memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing, tetapi juga rambut yang kuat dan halus. Tak mengherankan banyak yang penasaran sehingga mencari tahu rahasia kecantikan wanita Jepang.

Faktanya, di negeri matahari terbit, perawatan rambut lebih dari sekadar rutinitas, melainkan sebuah seni, praktik penuh perhatian yang kaya akan budaya dan tradisi.

Berikut ini rutinitas wanita Jepang yang bikin rambut mereka sehat dan berkilau dikutip dari Kompas.com dan brilio.net.

1. Mencuci rambut

Langkah pertama dalam perawatan rambut ala Jepang adalah pembersihan dengan ritual yang unik. Orang Jepang biasanya menggunakan pembersih yang lembut dan bebas sulfat untuk menjaga minyak alami. Misalnya, para geisha sering mencuci rambut mereka dengan air beras untuk meningkatkan kekuatan dan kilau rambut.

Baca Juga: Kenali 14 Pemicu Rambut Rontok pada Wanita, Jangan Sepelekan

2. Gunakan sisir kayu

Menyisir rambut menjadi ritual wajib wanita Jepang pada pagi hari. Rutinitas ini membuat rambut terlihat lembut dan berkilau sepanjang hari. Sisirnya juga bukan sembarangan. Wanita Jepang menggunakan sisir Tsuge yang berbahan kayu buxus microphylla. Kayu ini dipercaya bisa memperbaiki tekstur rambut, membuat berkilau, dan lembut.

3. Membilas rambut dengan sake

Para wanita Jepang terkadang menggunakan sake sebagai pembilas rambut. Kandungan nutrisi di dalam sake yang dikombinasikan dengan beras, mampu membuat rambut terasa halus seperti sutra, seolah-olah kita telah mandi di pemandian air panas di tengah-tengah kemegahan Gunung Fuji.

Baca Juga: Manfaat Hair Mist Bagi Rambut Wanita

4. Manfaatkan kandungan collagen dan ginseng

Rempah dan nutrisi dari alam seperti collagen dan ginseng sudah lama menjadi pilihan wanita Jepang dalam merawat rambut. Perpaduan dua bahan alami tersebut ternyata memberikan manfaat besar bagi kesehatan rambut.

Tak mengherankan jika produk shampo masa kini mengadopsi kebiasaan wanita Jepang memanfaatkan collagen dan ginseng untuk menyehatkan rambut. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga