Intip Warna Mobil Tahan Matahari, Bikin Kabin Tetap Adem

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 22 November 2023
0 dilihat
Intip Warna Mobil Tahan Matahari, Bikin Kabin Tetap Adem
Warna putih terbukti dapat memantulkan panas cahaya matahari, sehingga membantu menjaga suhu kabin tetap rendah. Namun, penting untuk diingat bahwa mobil berwarna putih berpotensi menguning akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Foto: Carmudi.co.id

" Pemilihan warna mobil dapat menjadi pilihan yang sangat personal bagi setiap individu. Namun, bukan hanya tampilan estetika semata, pemilihan warna mobil juga tak bisa asal-asalan. Pasalnya, salah satu efek dari warna mobil adalah suhu di dalam kabin ketika terpapar langsung oleh sinar matahari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemilihan warna mobil dapat menjadi pilihan yang sangat personal bagi setiap individu. Namun, bukan hanya tampilan estetika semata, pemilihan warna mobil juga tak bisa asal-asalan. Pasalnya, salah satu efek dari warna mobil adalah suhu di dalam kabin ketika terpapar langsung oleh sinar matahari.

Anda mungkin pernah mengalami suasana panas di dalam mobil setelah lama diparkir di bawah sinar matahari. Selain dari intensitas cahaya matahari itu sendiri, warna kendaraan juga berperan dalam menentukan seberapa panas kabin mobil dapat menjadi.

Warna mobil yang tahan terhadap Matahari

CEO Makko Group, Christopher Sebastian mengatakan, dari semua warna mobil maka warna perak atau silver merupakan warna cat yang paling kuat dan tidak cepat "buluk" jika terkena sinar matahari.

Baca Juga: Bukan Alphard, Ternyata Ini Mobil Mewah Terlaris di Indonesia Sepanjang Oktober 2023

Menurut Christopher, warna silver merupakan warna yang paling cocok buat orang yang malas merawat mobil. Warna silver cenderung "bersih" walau pemiliknya malas menjaga kebersihan eksterior.

"Jadi biasanya buat orang yang sering bilang, jika kita termasuk orang yang jarang untuk merawat mobil lebih baik pilih warna silver sebab paling aman," ujarnya dilansir dari Kompas.com.

Menurut penelitian, ketika mobil-mobil dengan berbagai warna dijajarkan dan ditempatkan menghadap ke arah matahari, warna hitam menduduki posisi teratas sebagai warna yang paling menyerap panas, sehingga menghasilkan peningkatan suhu kabin yang paling tinggi. Setelah itu, disusul secara berturut-turut oleh mobil berwarna biru, merah, dan silver.

Dampak suhu kabin tinggi pada kinerja mobil

Suhu kabin yang tinggi dapat menyebabkan efek negatif bagi mobil Anda. Salah satunya adalah kerja AC mobil yang semakin berat, karena blower harus bekerja lebih keras atau suhu AC harus diturunkan lebih rendah untuk menciptakan kesejukan di dalam kabin.

Baca Juga: China Kembangkan Robot AI Atasi Parkir Liar, Bisa Pindahkan Mobil dalam 20 Detik

Akibatnya, konsumsi bahan bakar dapat menjadi lebih boros. Selain itu, perangkat elektronik seperti audio, laptop, dan ponsel yang diletakkan di dalam mobil yang panas juga lebih berpotensi mengalami kerusakan.

Rekomendasi pemilihan warna mobil yang tepat

Oleh karena itu, jika mobil Anda sering terpapar sinar matahari atau sering diparkir di bawah terik matahari langsung, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih warna putih.

Warna putih terbukti dapat memantulkan panas cahaya matahari, sehingga membantu menjaga suhu kabin tetap rendah. Namun, penting untuk diingat bahwa mobil berwarna putih berpotensi menguning akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga