Investor Jakarta Jajaki Peluang Rumput Laut Wakatobi

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Sabtu, 15 Juli 2023
0 dilihat
Investor Jakarta Jajaki Peluang Rumput Laut Wakatobi
FGD terkait PT Indorama yang berminat melakukan penjajakan peluang investasi rumput laut di Wakatobi. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Guna hilirisasi rumput laut di Kabupaten Wakatobi, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, melakukan fasilitasi pendampingan investasi kepada PT Indorama yang berminat untuk melakukan penjajakan peluang investasi rumput laut di Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Guna hilirisasi rumput laut di Kabupaten Wakatobi, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, melakukan fasilitasi pendampingan investasi kepada PT Indorama yang berminat untuk melakukan penjajakan peluang investasi rumput laut di Wakatobi.

Dalam proses penjajakan yang dilakukan oleh PT Indorama, salah satu perusahaan besar yang berpusat di Jakarta. Diadakan focus group discussion (FGD) yang diikuti oleh tim Ditjen PDSP KKP, PT Indorama dan OPD terkait. Dilaksanakan di ruang rapat Setda Wakatobi, Sabtu (15/7/2023).

Dalam presentasi yang dilakukan oleh  Indorama Corporation Representative, Budiyono menjelaskan, beberapa hal yang menjadi tujuan dan akan mereka lakukan.  Seperti memastikan ketersediaan lahan, batas penggunaan air tanah, prosedur administrasi, farming dan lainnya.

Baca Juga: Rela Tak Bermain, Siswa SMP di Wakatobi Pilih Jualan Keliling Sepulang Sekolah

Consultant PT Indorama, Anil Shinde menjelaskan, langkah awal yang mereka lakukan sekarang yaitu survei. Memastikan apa yang ada, apa yang bisa didapat dan apa yang tidak ada di Wakatobi.

Anil Shinde melanjutkan, mereka harus mengerti dari awal sampai akhir. Mulai dari bibit sampai menjadi produk. Sehingga mereka memerlukan waktu sedikit lama, karena tidak mau terburu-buru.

"Mau mengerti dulu sistemnya. Begitu siap kita akan teruskan mau bagaimana kedepannya," ucapnya.

Baca Juga: Betonisasi Puncak Kahiyanga Wakatobi Dinilai Rusak Lingkungan dan Kurangi Minat Wisatawan

Dari hasil FGD yang dilaksanakan, beberapa hal yang menjadi tugas Pemda Wakatobi mulai dari menyediakan lahan sesuai dengan persyaratan yang telah diajukan oleh PT Indorama serta terkait ekosistem bisnisnya.

Mengenai lahan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Wakatobi, Soaruddin mengungkapkan, target yang diberikan oleh PT Indorama selama satu Minggu, dalam penginputan data lokasi sesuai dengan persyaratannya.

"Semoga PT Indorama bisa berinvestasi," ucapnya di akhir kegiatan. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga