Investor Lirik Muna Barat Bangun Pabrik Tepung Tapioka

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 18 Juli 2022
0 dilihat
Investor Lirik Muna Barat Bangun Pabrik Tepung Tapioka
Pj Bupati Muna Barat, Dr. Bahri (Kanan) bersama owner PT Espay, Dodon (Kiri), investor yang berencana membangun pabrik tepung tapioka di wilayah Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Salah satu Investor tepung tapioka yakni PT Espay mengajak Kabupaten Muna Barat dalam memberdayakan petani singkong dan membangun pabrik "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Salah satu Investor tepung tapioka yakni PT Espay mengajak Kabupaten Muna Barat dalam memberdayakan petani singkong dan membangun pabrik.

Atas ajakan itu, Pj Bupati Muna Barat, Bahri menyambut baik dan mendukung penuh atas investor yang masuk di Muna Barat, di mana salah satunya investor tepung tapioka, Ini sesuai arahan Presiden RI dalam rangka pemulihan ekonomi, maka dalam daerah diwajibkan dapat membuka lapangan pekerjaan.

“Ketika ada investasi, tentu berdampak pada pertumbuhan ekonomi serta tenaga kerja juga akan meningkat,” tuturnya, Senin (18/7/2022).

Sehingga Ia menyampaikan ada tiga wilayah besar yang berpotensi dalam menghasilkan ubi kayu atau singkong, yakni Lawa Raya, Kusambi Raya dan Tiworo Raya.

Baca Juga: Tina Nur Alam Ingin Anak Sulawesi Tenggara Pandai

Permasalahan petani ubi kayu di Muna Barat, yakni kendala saat pemasaran atau pasca panen, maka dengan hadirnya investor diharapkan agar dapat menguntungkan masyarakat Muna Barat.

Sementara itu, Onwer PT Espay, Joshua Adisetya Dharmawan, menyampaikan bahwa pihaknya hadir untuk berinvestasi di Muna Barat dalam rangka menjajaki peluang partnership. Di mana partnership ini ialah salah satu upaya dalam menumbuh kembangkan budidaya singkong yang ada di Muna Barat.

"Potensi pengembangan budidaya ubi kayu di sini, dari lahan dan budidayanya sangat luar biasa,” ucapnya.

Baca Juga: Pemkab Beri Jaminan Perlindungan bagi Pegawai Non ASN Muna Barat

Ia juga menyampaikan bahwa PT Espay dalam pengembangan industri tepung tapioka di Muna Barat dengan menerapkan pemberdayaan petani menjadi pengusaha bukan memperdayakan petani.

PT Espay menginginkan dalam kerjasama berbentuk partnership, yang nantinya pihaknya sebagai penjamin pasar dari petani ubi kayu. Serta pihaknya menjamin dalam pengembangan ubi kayu, mulai dari pasokan bibit dan membantu memfasilitasi pupuk. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga