Jangan Kalah dari AI, 5 Skill Ini Wajib Dimiliki di Tahun 2024

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 27 November 2023
0 dilihat
Jangan Kalah dari AI, 5 Skill Ini Wajib Dimiliki di Tahun 2024
Maraknya penggunaan teknologi mutakhir, seperti artificial intelligence (AI), mengharuskan kaum profesional untuk memperbarui keterampilan, baik hard maupun soft skill. Foto: Repro kitalulus.com

" Perlu mengasah kompetensi digital dan soft skills untuk mengembangkan karir di masa depan "

KENDARI, TELISIK.ID - Maraknya penggunaan teknologi mutakhir, seperti artificial intelligence (AI), mengharuskan para profesional untuk memperbarui keterampilan, baik hard maupun soft skill.

Untuk itu, perlu menunjang skill di dunia kerja agar semakin mumpuni. Berikut ini lima kompetensi digital dan soft skills yang perlu diasah para profesional yang berambisi mengembangkan karir di masa depan dilansir dari Detik.com dan Okezone.com di antaranya:

1. Natural Language Processing (NLP)

NLP adalah kemampuan komputer untuk mengolah kata lisan dan tulis layaknya manusia. NLP banyak digunakan di software AI karena dapat membantu para profesional melakukan berbagai pekerjaan, seperti menyiapkan laporan penjualan dan melayani pelanggan lewat chat.

Oleh karena itu, pemahaman umum akan cara kerja NLP akan membantu para profesional untuk mengoperasikan software AI untuk memperlancar pekerjaan sehari-hari, khususnya yang menyangkut meramu teks.

Baca Juga: Ilmuwan Ungkap Teknologi Tahun 2100, Dari AI hingga Ilmu Pengetahuan Bisa Diunduh ke Otak

2. Analisis Data

Penggunaan teknologi oleh bisnis dan konsumen menghasilkan jutaan data yang memuat informasi bermakna. Profesional yang mempunyai kepandaian untuk menganalisis data akan meningkatkan value mereka karena merekalah yang bisa mengekstrak pengetahuan pasar yang diperlukan untuk decision-making. Adapun kunci dari kepandaian menganalisa data terletak pada kemampuan berpikir kritis dan juga rasa ingin tahu yang tinggi.

3. Cara Pikir Agile

Para profesional pun harus turut agile, atau lincah, sigap, dan fleksibel, dalam merespons perubahan. Pemikiran agile bersandar pada kapasitas para profesional untuk mengedepankan kolaborasi, komunikasi, dan adaptabilitas saat merespons perubahan, dan bukan kekakuan terhadap aturan.

Baca Juga: Samsung jadi Smartphone Pertama Gunakan Teknologi AI Generatif

4. Kecerdasan Emosional

Di masa sekarang banyak komunikasi dilakukan secara online, kemampuan para profesional untuk berempati, mengatasi konflik secara sehat, dan meyakinkan orang untuk berkolaborasi, akan memungkinkan mereka untuk membina hubungan positif dengan kolega dan jejaring walau tanpa bertatap muka langsung.

5. Kepemimpinan Adaptif

Para profesional yang duduk di posisi kepemimpinan harus menerapkan gaya kepemimpinan adaptif yang mengedepankan kemampuan mengantisipasi kebutuhan dan tren masa depan, berkomunikasi baik dengan tim untuk menggalang dukungan, beradaptasi sesuai umpan balik, dan mengutamakan akuntabilitas agar bisa menjadi pemimpin efektif di era digital. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga