Jelang Idul Adha Harga Sapi Bali di Konda Konawe Selatan Tembus hingga Rp 20 Juta

Mardianto, telisik indonesia
Kamis, 06 Juni 2024
0 dilihat
Jelang Idul Adha Harga Sapi Bali di Konda Konawe Selatan Tembus hingga Rp 20 Juta
Agustina, peternak Sapi Bali di Kecamatan Konda, Konawe Selatan, dengan 16 ekor sapi peliharaannya. Foto: Mardianto/Telisik

" Jelang Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1445 Hijriah, harga sapi mulai naik hampir di semua daerah termasuk di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1445 Hijriah, harga sapi mulai naik hampir di semua daerah termasuk di Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

Diketahui, Kabupaten Konawe Selatan, khususnya Kecamatan Konda, merupakan salah satu wilayah sumber bibit Sapi Bali di Indonesia yang telah diresmikan oleh Menteri Pertanian tahun 2016.

Sapi Bali merupakan sapi endemik yang berasal dari Bali dan telah tersebar hampir di Seluruh Indonesia, termasuk di Konawe Selatan.

Salah satu peternak Sapi Bali, Agustustina (36) mengatakan, permintaan sapi jelang Idul Adha meningkat dibandingkan hari-hari lainnya.

Baca Juga: Sapi Kurban di Kolaka Utara Dapat Ribuan Dosis Vaksin Gratis

Agustustina juga mengatakan, harga sapi yang dijualnya juga ikut meningkat hingga harga Rp 20 juta. Bahkan sekarang telah laku terjual sebanyak 8 ekor dari total 16 ekor sapi miliknya.

"Untuk harganya naik juga, mulai dari yang tidak terlalu besar itu Rp 15 juta kalau yang besar kemarin dibeli itu Rp 20 juta," jelasnya.

Baca Juga: Rumah Potong Hewan Kurban di Kendari Terima Kiriman Sapi Berpenyakit

Sementara itu peternak lainnya, Anto mengatakan bahwa Sapi Bali harganya tentu tergantung dari umur dan berat badannya. Semakin besar maka semakin mahal.

"Tapi saya tidak tahu kalau sapi persilangan, kayaknya lebih dari Rp 20 juta," tambah Anto, sambil menunjuk sapi persilangan milik tetangganya. (B)

Penulis: Mardianto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga