Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Tingkatkan Mutu Pemutakhiran Data

La Ode Andi Rahmat, telisik indonesia
Minggu, 11 Juni 2023
0 dilihat
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Tingkatkan Mutu Pemutakhiran Data
Kakanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Silvester Sili Laba (dua dari kanan), mengikuti rapat kerja Kemenkumham tahun 2023 di Jakarta. Foto: Repro Instagram kanwilkemenkumhamsultra

" Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Razilu, mengingatkan seluruh pegawai Kemenkumham untuk menghindari pelanggaran "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba didampingi Kepala Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga, mengikuti rapat kerja kepegawaian dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kemenkumham di Hotel Mercure Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Kakanwil bersama Kasubbag Kepegawaian serta Pengelola Kepagawaian Kemenkumham Sulawesi Tenggara mendengarkan paparan dari Kepala Biro Kepegawaian Sudjonggo, tentang sistem informasi manajemen kepegawaian.

Di akhir paparannya, Kepala Biro Kepegawaian mengingatkan kembali arahan dari Bapak Sekjen untuk komitmen bersama transformasi pemuktahiran data simpeg mewujudkan kepegawaian Kemenkumham semakin pasti.

Selanjutnya ada juga pembekalan dari Kepala Biro Barang Milik Negara (BMN) Novita Ilmaris, mengenai unit kerja pengadaan barang dan jasa di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM serta dari Unit Kerja Pengadaan barang dan jasa (UKPBJ) satu atap.

Terakhir pembekalan dari Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Hermansyah Siregar, mengenai sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Hermansyah menjelaskan bahwa guna meningkatkan keterpaduan dan efisiensi SPBE, pemerintah menetapkan kebijakan tata kelola dan manajemen SPBE secara nasional melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Baca Juga: Dirjen Kemenkumham Razilu Ingatkan Hindari Pelanggaran di Kanwil Sulawesi Tenggara

"Tujuannya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, Kemenkumham perlu melakukan evaluasi terhadap tingkat kematangan kapabilitas proses penyelenggaraan SPBE yang menghasilkan laporan hasil evaluasi SPBE yang akuntabel, dibutuhkan peran dan kontribusi Kanwil dan UPT,” tutup Hermansyah, dilansir dari sultra.kemenkumham.go.id.

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Komjen Pol Andap Budhi Revianto dalam arahannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kinerja dan prestasi jajaran Kemenkumham RI. Ia juga memberikan beberapa arahan tugas, di antaranya pesan untuk peningkatan kualitas pengelolaan SDM, serta penyampaian arahan Menkumham untuk mempedomani dan menindaklanjuti arahan Presiden RI dalam RPJM 2020-2024.

"Arahan presiden agar dipahami dan mampu diimplementasikan secara nyata. Sikapi dinamika, tantangan tugas dan pengaruh perkembangan, sehingga Kemenkumham semakin pasti dan BerAKHLAK, serta saya mengucapkan terima kasih atas berbagai prestasi, namun jangan cepat berpuas diri, pertahankan prestasi dan ke depan semakin ditingkatkan," ungkap Andap.

Hal demikian juga menjadi penekanan Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Razilu. Dia mengingatkan seluruh pegawai Kemenkumham untuk menghindari pelanggaran, tentu SDM yang baik akan menjalankan kinerja dengan baik pula.

Baca Juga: Kakanwil Sulawesi Tenggara Silvester Sili Laba Hadiri Penutupan Raker Peningkatan SDM Kemenkumham

Hal itu disampaikan Razilu ketika menjadi pembicara dalam kegiatan gerbang transisi bergerak bangkitkan kesadaran, inspirasi dan motivasi di aula Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Jumat (9/6/2023).

Razilu mengibaratkan Kemenkumham sebagai kapal, sedangkan pagawai Kemenkumham sebagai awak kapal. Ia membagi dua ketegori kru kapal. Kategori pertama mereka yang berusaha membuat kapal ini tenggelam, dan kategori kedua awak yang selalu cinta, merawat dan memberikan berbagai macam kontribusi supaya kapal bisa bergerak dengan penuh kewibawaan.

"Silakan bapak ibu merenungi, apakah masuk dalam ketegori kru pertama atau masuk pada ketegori awak kapal yang kedua," ujar Razilu. (B-Adv)

Penulis: La Ode Andi Rahmat

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga