Kampung Nelayan di Kabaena Disulap Jadi Kampung Pelangi

Hir Abrianto, telisik indonesia
Minggu, 04 April 2021
0 dilihat
Kampung Nelayan di Kabaena Disulap Jadi Kampung Pelangi
Tampakan Kampung Bajo, Sikeli saat malam Hari. Foto: Hir/Telisik

" Saya malihat ada potensi alam yang indah di sini. Maka dengan swadaya dan kerjasama masyarakat setempat kami mewarnainya dengan cat seadanya "

BOMBANA, TELISIK.ID - Wilayah laut dan pesisir selalu menampilkan pesona alam yang khas. Selain bentangan pasir yang panjang dan pohon bakau yang tumbuh secara alami, laut juga menjadi penopang hidup masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

Nelayan selalu identik dengan kehidupan di laut, bahkan rumah tempat mereka bermukim yang berada di atas air sudah seakan menjadi kearifan mereka.

Sebagaimana halnya di Provinsi Sulawesi Tenggara, tepatnya di ujung selatan daratan. Terdapat pulau kecil berpenghuni, yakni Pulau Kabaena, Keluarahan Sikeli, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana terdapat perkampung nelayan bernama Lingkungan Motaha.

Kampung nelayan ini, tampak berbeda dibandingkan kondisinya beberapa tahun lalu. Melalui tangan dingin, Lurah Sikeli, Akbar, merubah suasana pemukiman itu menjadi tampilan warna warni.

Tampakan Kampung Bajo, Sikeli saat malam Hari. Foto: Hir/Telisik

Akbar mengatakan, selama di masa pandemi kampung nelayan ini dirubah menjadi kampung yang menampilkan tampilan yang khas.

Posisinya berhadapan dengan Pulau Motaha dan Pulau Sagori, serta Gunung Batu Sangia menjadi background-nya.

"Saya malihat ada potensi alam yang indah di sini. Maka dengan swadaya dan kerjasama masyarakat setempat kami mewarnainya dengan cat seadanya," kata Akbar kepada Telisik.id, Minggu (4/4/2021).

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Flores Timur di Hari Raya Paskah, 20 Warga Meninggal

Saat ini, kampung nelayan ini dihuni oleh ratusan rumah warga yang kini sudah berjumlah 102 rumah.

Setelah diketahui oleh masyarakat se-Pulau Kabaena khususnya, Kampung itu banyak mendapatkan tamu yang berdatangan untuk berswafoto.

Saat ini, Lurah Sikeli tengah melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten agar Kampung Pelangi ini diresmikan. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga