Kapal Pengangkut Pasir dari Buton Menuju Wakatobi Tenggelam, ABK Ditemukan Selamat

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 25 Juli 2023
0 dilihat
Kapal Pengangkut Pasir dari Buton Menuju Wakatobi Tenggelam, ABK Ditemukan Selamat
Tim Basarnas dan nelayan saat melakukan pencarian korban kapal pengangkut pasir yang tenggelam di perairan Maloge saat menuju Wakatobi. Foto: Ist.

" Sebuah kapal pengangkut pasir dari Pelabuhan Maloge Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton menuju Pelabuhan Kapota Kabupaten Wakatobi, tenggelam dihantam ombak di sekitaran perairan Malog "

BUTON, TELISIK.ID - Sebuah kapal pengangkut pasir dari Pelabuhan Maloge Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton menuju Pelabuhan Kapota Kabupaten Wakatobi, tenggelam dihantam ombak di sekitaran perairan Malog, Selasa (25/7/2023).

Peristiwa itu bermula sekitar pukul 07.00 Wita, ketika kapal melakukan perjalanan sekitar 4 NM, kapal langsung dihantam gelombang yang tinggi.

Kapal pengangkut pasir itu diisi 3 orang. 1 nahkoda kapal dan 2 anak buah kapal (ABK). Ketiga orang tersebut menghilang ketika dilakukan pencarian oleh keluarga dan nelayan.

Baca Juga: 3 Fakta Kecelakaan Kapal Penumpang di Buton Tengah

Oleh sebab itu, pemilik kapal, La Aba segera menghubungi comm center KPP Kendari untuk meminta bantuan Tim Rescue Poss SAR. Dari laporan tersebut, pada pukul 12.25 Wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR.

"Jarak tempuh LKP dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 19 NM,” jelas Ketua KPP Kota Kendari, Muhamad Arafahdia.

Setelah dilakukan pencarian, korban ditemukan terpencar oleh Basarnas dan nelayan. Salah satu dari korban ditemukan oleh nelayan setempat.

Baca Juga: KPP Kendari Kerahkan Alat dan Tenaga Cari Korban Kapal Tenggelam di Buton Tengah yang Tewaskan 15 Orang

Camat Lasalimu Selatan, LM Hidayat menjelaskan, salah satu korban, Sarifudin ditemukan selamat oleh nelayan, dan langsung dibawa ke Puskesmas Lasalimu Selatan untuk mendapatkan perawatan medis. Sedangkan dua korban lainya masih dalam perjalanan menuju Lasalimu Selatan, untuk dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

"Salah satu dari korban ditemukan oleh nelayan Desa Karya Jaya pukul 13.00 Wita, sedangkan yang lain sementara dalam perjalanan," jelasnya.

Diketahui ketiga korban ini merupakan warga Desa Kapota, Kecamatan Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga