Kejar Desa Wisata, Warga Lapodi Kabupaten Buton Gotong Royong Ciptakan Lingkungan Bersih di HUT ke-59

Febriyani, telisik indonesia
Kamis, 06 Juli 2023
0 dilihat
Kejar Desa Wisata, Warga Lapodi Kabupaten Buton Gotong Royong Ciptakan Lingkungan Bersih di HUT ke-59
Warga bergotong royong membersihkan area publik dan pekarangan rumah dalam menyabut HUT ke-59 Desa Lapodi. Foto: Febriyani/Telisik

" Dalam rangka ulang tahun Desa Lapodi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, warga bergotong royong dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan asri "

BUTON, TELISIK.ID - Dalam rangka ulang tahun Desa Lapodi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, warga bergotong royong dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan asri.

Dari para pemuda, hingga orang tua bekerja sama dalam membersihkan area publik dan pekarangan rumah.

Di sempanjang jalan akan mendapati anak-anak, hingga orang tua mencat pagar rumah dengan warna merah putih sebagai bentuk penyambutan HUT RI.

Baca Juga: Berkah Musim Penghujan, Warga Kabupaten Buton jadi Petani Jamur Dadakan

"Dalam rangka ulang tahun desa yang ke-59 ini, setiap RT bekerja sama membersihkan lingkungan mereka. Selain itu pemilihan warna merah putih sebagai cat pagar ini sekaligus untuk menyambut HUT RI, daripada nanti repot lagi mengganti warna, mending sekalian saja" jelas seorang warga, Irma, kamis (6/7/2023).

Taman mini kreativitas pemuda Desa Lapodi dengan memanfaatkan limbah plastik. Foto: Febriyani/Telisik

 

Bukan hanya itu, para pemuda setempat membuat taman mini yang dimanfaatkan dari sampah yang di daur ulang, seperti limbah plastik.

"Kreativits seperti ini baru kali ini kami selenggarakan. Kami hanya ingin melihat minat pemuda-pemudi dalam pengembangan desa yang lebih indah dan asri, dengan ini juga akan menarik minat wisatawan nantinya. Terlebih kami ingin ke depanya desa kami menjadi desa wisata," ungkap salah satu penggerak para pemuda di desa, Nelis.

Baca Juga: Pernah Hits, Kali Biru Kabupaten Buton Kini Terbengkalai

Warga desa begitu antusias menjadikan lingkungan mereka bersih, asri dan indah. Bahkan ketika HUT ke-64 Kabupaten Buton, Desa Lapodi mendapat lenghargaan desa terbersih urutan ketiga.

Kepala Desa Lapodi, Sairi mengatakan, hal itu kali pertama bagi mereka mendapatkan pengahragaan desa bersih. Mereka pun bertekad untuk membuat desa menjadi bersih dan asri.

"Warga di sini sangat antusias dalam kebersihan desa. Bahkan ini tanpa perintah dari kami, mereka dengan antusias sendiri membersihkan area publik, mencat pagar, pasang bendera. Selain itu dalam HUT desa ke-59 ini diadakan juga pentas seni dan olaraga. Dengan kegiatan seperti ini solidaritas antar warga sangat terasa. Saya berharap selalu seperti ini nantinya," jelas Sairi. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga