Berhasil Tekan Laju Inflasi Pemda Kolaka Utara Diganjar Insentif Dana Fiskal Miliaran Rupiah

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 19 September 2023
0 dilihat
Berhasil Tekan Laju Inflasi Pemda Kolaka Utara Diganjar Insentif Dana Fiskal Miliaran Rupiah
Upaya tekan laju inflasi di Kolaka Utara melalui pasar murah. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara, kembali mendapat reward dari Pemerintah Pusat dalam berbentuk insentif dana fiskal yang nominalnya mencapai miliaran rupiah "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara, kembali mendapat reward dari Pemerintah Pusat dalam berbentuk insentif dana fiskal yang nominalnya mencapai miliaran rupiah.

Reward tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat melalui Menteri Keuangan RI atas keberhasilan Pemda Kolaka Utara menekan laju inflasi.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kolaka Utara, Ihwan mengungkapkan, berdasarkan SK Menteri Keuangan Nomor 336 Tahun 2023 Kabupaten Kolaka Utara berada di urutan 12 dari 30 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapatkan insentif dana fiskal.

Baca Juga: Pemda Tetap Buka Ruang Investasi Smelter di Kolaka Utara

"Kolaka Utara dapat insentif dana fiskal sekitar Rp 10,3 miliar," terangnya, Selasa (19/9/2023).

Pj Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding saat launching program mandiri telur di Kolaka Utara untuk menekan laju inflasi. Foto: Diskominfo Kolaka Utara

 

Insentif dana fiskal tersebut, bakal dialokasikan untuk pengendalian inflasi, penanganan stunting, pengentasan kemiskinan dan investasi.

"Juknisnya untuk penanganan inflasi, stunting, investasi, dan kemiskinan. Penggunaannya tidak boleh untuk gaji honor dan perjalanan," lanjutnya.

Terkait alokasi dana itu untuk investasi, Sekertaris Daerah (Sekda) Kolaka Utara, Taufiq S menyatakan, pemerintah daerah akan konsultasi dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Keuangan terkait teknisnya.

"Bentuknya seperti apa nanti setelah kita konsultasi," ujarnya.

Capaian ini, lanjut Sekda Kolaka Utara, berkat kerja keras semua pihak termasuk tim pengendali inflasi daerah (TPID), organisasi perangkat daerah (OPD) dan support seluruh elemen masyarakat Kolaka Utara dalam menekan laju inflasi.

"Alhamdulillah ini capaian luar biasa, kami mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan mampu memberikan manfaat nyata bagi semua masyarakat Kolaka Utara,” harap Taufiq.

Baca Juga: Fraksi PDIP Minta Pemda Kolaka Utara Naikan Upah Tenaga Honorer

Kata dia, tambahan dana ini akan digunakan untuk mengakselerasi pembangunan di berbagai sektor vital, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Mantan Kadis PMD Kolaka Utara ini juga menyampaikan, apresiasi Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding kepada pemerintah pusat atas pemberian insentif dana fiskal tahun 2023 dan kinerja para OPD.  

"Bapak Pj bupati juga mendorong seluruh perangkat daerah untuk lebih meningkatkan kinerjanya, terutama dalam penanganan inflasi, stunting, dan miskin ekstrem,” kata Setda. (B-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor:  Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga