Kemenperin Ajak Sukseskan Acara Hannover Messe 2021

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 11 Desember 2020
0 dilihat
Kemenperin Ajak Sukseskan Acara Hannover Messe 2021
Pamflet Hannover Messe 2021. Foto: Ist.

" Bapak Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan untuk melanjutkan partisipasi Indonesia sebagai Official Partner Country di dalam Hannover Messe 2021. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengajak seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk bersama-sama mengambil manfaat dan peluang dari penyelenggaraan Hannover Messe 2021.

Momentum ini dapat menjadi ajang untuk menunjukkan kepada dunia tentang kemampuan sektor manufaktur di Indonesia dalam upaya bertransformasi menuju era industri 4.0.

“Bapak Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan untuk melanjutkan partisipasi Indonesia sebagai Official Partner Country di dalam Hannover Messe 2021,” kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Dody Widodo di Jakarta, Jumat (1/12/2020).

 

Ia menjelaskan, Hannover Messe merupakan sebuah eksibisi teknologi industri yang bergengsi dan terbesar di dunia yang digelar di Jerman.

Bagi Indonesia, event ini menjadi kesempatan untuk menampilkan wajah Indonesia di mata dunia dalam upaya transformasi ekonomi khususnya bidang industri 4.0, serta upaya pemulihan ekonomi nasional selama masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Akhir 2020, PUPR Target 900 Ribu Unit Rumah Terbangun

“Kehadiran Indonesia sebagai Official Partner Country Hannover Messe 2021, harus dimanfaatkan untuk  memperkenalkan kekuatan teknologi industri serta mendorong keterhubungan industri Indonesia dengan jejaring rantai suplai global,” kata Dody.

Menurutnya, Hannover Messe 2021 berperan penting dalam memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama ekonomi yang komprehensif antara Indonesia dengan Jerman.

“Tidak hanya terbatas pada perdagangan, investasi dan industri saja, tetapi juga akan menyentuh pada dimensi pembangunan berkelanjutan (sustainability development),” imbuhnya.

Dikatakan, pada gelaran Hannover Messe 2021 akan mengalami penyesuaian berupa penekanan isu economic recovery post pandemic dan juga penambahan sektor prioritas, yaitu industri farmasi dan alat Kesehatan yang akan ditampilkan di dalam Paviliun Indonesia.

“Sebab, kehadiran Indonesia dalam Hannover Messe 2021 akan membawa misi utama untuk mempromosikan peta jalan Making Indonesia 4.0,” tuturnya.

Baca juga: Dukung Tim Pencari Fakta, DPR Terima Aduan Keluarga Korban Laskar FPI

Oleh karenanya, Indonesia tetap mengusung tema tentang Making Indonesia 4.0, yang masih relevan dengan tema Hannover Messe 2021, yaitu Industrial Transformation.

Sementara itu, Indonesia juga akan mempertahankan tagline Connect to Accelerate.

"Tagline tersebut untuk mendorong sinergitas yang ingin dibentuk untuk mendukung pertumbuhan industri 4.0 di Indonesia,” tandasnya.

Menurutnya, tagline tersebut juga menjadi sebuah branding strategy yang menggambarkan ajakan dan undangan kepada semua pemangku kepentingan (pemerintah, pelaku industri, dan investor) dari dalam maupun luar negeri untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam rangka mempercepat dan memperkuat pertumbuhan industri di Indonesia melalui penerapan teknologi industri 4.0.

“Untuk menyukseskan partisipasi Indonesia pada Hannover Messe 2021, kehadiran para pelaku Industri Indonesia perlu didorong untuk dapat memanfaatkan momentum status Indonesia sebagai Official Partner Country,” paparnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga