Kenaikan Harga Ikan di Kota Kendari Akibat Cuaca Buruk

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Minggu, 30 Juli 2023
0 dilihat
Kenaikan Harga Ikan di Kota Kendari Akibat Cuaca Buruk
Harga ikan di Kota Kendari mengalami kenaikan akibat cuaca buruk. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Harga ikan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengalami kenaikan. Lonjakan harga itu terjadi di sejumlah pasar tradisional, pemicunya diduga cuaca buruk "

KENDARI, TELISIK.ID - Harga ikan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengalami kenaikan. Lonjakan harga itu terjadi di sejumlah pasar tradisional, pemicunya diduga cuaca buruk.

Di sejumlah pasar tradisional seperti pasar Baruga hingga di tempat pelelangan ikan Kota Kendari, mengalami kenaikan harga ikan.

Salah satu pedagang ikan keliling, Sulfiah mengatakan, harga ikan mengalami kenaikan yang cukup tinggi, sehingga dirinya mengurangi jumlah ikan yang dijajakan.

Baca Juga: Nikmati Keindahan Air Terjun Nanga-Nanga Kota Kendari

"Ikan lure yang biasanya Rp 15.000 per kilogram sekarang bisa sampai Rp 25.000 per kilo, ikan lajang biasanya Rp 20.000 sekarang bisa sampai Rp 30.000 sampai Rp 35.000 per kilo," ujar Sulfiah, Minggu (30/6/2023).

Dia menambahkan, banyak pelanggan yang mengeluh akibat kenaikan harga dan membuat dirinya harus mengurangi jumlah ikan yang dijajakan agar tidak rugi. Walaupun tetap ada pelanggan yang membeli, karena ikan jadi salah satu kebutuhan.

Selain itu, salah satu pedagang di pasar Baruga, Iwan juga mengatakan, harga ikan juga naik pada awal tahun ini.

Baca Juga: Video: Menikmati Keindahan Kota Kendari dari Puncak Victo di Kampung Watu-watu

Ikan lajang ukuran sedang yang biasanya dijual Rp 20.000 per Kg, sekarang bisa sampai Rp 35.000 per Kg, sedangkan ikan lure atau teri yang biasanya harga Rp 25.000 sekarang naik jadi Rp 30.000 per Kg.

Iwan mengatakan, kenaikan harga ikan tersebut terjadi akibat dari cuaca buruk hingga angin kencang dan terang bulan.

Sedangkan di pasar Andonuhu, harga ikan lajang ukuran sedang dibanderol dengan harga Rp 30.000 per Kg dan Rp 55.000 per dua Kg. Selain itu, ikan asin juga memiliki kenaikan harga, biasanya Rp 40.000 per Kg sekarang dijual dengan harga Rp 60.000 per Kg. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga