Kenalan dengan Motif Wulele Sorume, Batik Khas Kolaka Timur

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 09 Mei 2023
0 dilihat
Kenalan dengan Motif Wulele Sorume, Batik Khas Kolaka Timur
Model memeragakan batik Wulele Sorume di hadapan gubernur dan pejabat daerah Sulawesi Tenggara pada HUT ke-59 Sulawesi Tenggara. Foto: Cantika

" Motif Wulele Sorume baru-baru ini jadi perbincangan media lokal maupun nasional setelah designer ternama, Ivan Gunawan menggunakan motif batik itu untuk brand fashionnya, Mandjha Hijab di malam penutupan pameran pembangunan HUT ke-59 Sulawesi Tenggara, Minggu (14/5/2023) "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Motif Wulele Sorume baru-baru ini jadi perbincangan media lokal maupun nasional setelah designer ternama, Ivan Gunawan menggunakan motif batik itu untuk brand fashionnya, Mandjha Hijab di malam penutupan pameran pembangunan HUT ke-59 Sulawesi Tenggara, Minggu (14/5/2023).

Motif Wulele Sorume sendiri merupakan motif khas Kolaka Timur yang diambil dari bunga anggrek khas kabupaten ini, Anggrek Sorume. Konon menurut Ricky, pengurus edukasi bonsai dan bunga sorume mengatakan, bunga itu hanya tumbuh di pegunungan Kolaka Timur.

"Banyak di Ulu Iwoi dan Mowewe," tuturnya pada pihak Telisik.id.

Baca Juga: Baju Koko Motif Batik Diprediksi jadi Trend Busana Muslim di Ramadan 2023

Selain habitatnya yang cukup terbatas, bunga itu memiliki mitos tersendiri yaitu apabila sengaja untuk mencari bunga Sorume, maka tidak akan mendapatkannya. 

Model memeragakan motif Wulele Sorume di Indonesia Fashion Week. Foto: Dok. Telisik.id

 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PBSI), Ilham Wahid yang turut membudidayakan bunga anggrek Sorume.

"Kata orang tua dulu, kalau kita keluar sengaja cari bunga ini, kita tidak akan dapat," tuturnya.

Karena kelangkaannya tersebut, berbagai upaya dilakukan dalam rangka melestarikan ikon Kolaka Timur itu. Salah satunya adalah dengan berkolaborasi bersama dengan brand Mandjha Hijab milik Ivan Gunawan.

Dalam keterangannya, Ivan Gunawan mengatakan, adanya motif Sorume di brand miliknya merupakan hasil dari kerja sama dengan ketua Tim Penggerak PKK Kolaka Timur, yang juga merupakan istri dari Plt Bupati Kolaka Timur, Hartini Azis.

"Adanya produk ini sendiri merupakan hasil kerja keras dari ibu Hartini Azis yang mengajak saya berkolaborasi mengenalkan motif Sorume ini ke kancah nasional, maupun internasional," tutur Ivan Gunawan pada perhelatan malam penutupan HUT Sulawesi Tenggara waktu lalu.

Dalam brand fashion miliknya, Ivan Gunawan menggunakan bahan bahan print motif Anggrek Sorume dan bordir khusus dari Anggrek Sorume, yang mana ketika dipegang bahan akan terasa halus dan dingin.

Ivan Gunawan berfoto bersama dengan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi mengenakan Motif Wulele Sorume. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

 

Selain itu, bentuk motif anggrek kecil berwarna kuning dan putih yang mengihiasi busana yang dikenakan oleh para model menambah warna pada busana yang didominasi warna gelap.

Koleksi eksklusif Anggrek Sorume by Mandjha Hijab Ivan Gunawan sendiri hadir dalam berbagai macam items, mulai dari kerudung, tunik hingga abaya. Ivan mengeluarkan koleksi dalam rangka mendekati musim Ibadah Haji dan Umroh.

Baca Juga: Video Marshanda Viral, Pamerkan Batik Langka di Dunia

Koleksi ini sendiri akan mulai dipasarkan di seluruh toko Mandjha Hijab Ivan Gunawan yang tersebar di berbagai provinsi lewat sistem pre-order (PO) di website ivangunawan.co.id atau hijabmandjha.com.

Selain itu, sebelum berkolaborasi dengan Ivan Gunawan, Motif Wulele Sorume sendiri telah lebih dulu eksis di Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (25/2/2023) lalu.

Sebagai kain tenun dengan motif yang menjadi ciri khas dari Kolaka Timur, maupun Sulawesi Tenggara, Hartini Azis berharap agar motif Wulele Sorume ini terus diperkenalkan dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional. (B-Adv)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga