Kenalan dengan Youssouf Fofana: Striker Timnas Perancis yang Pernah Jadi Pengantar Pizza

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 15 Desember 2022
0 dilihat
Kenalan dengan Youssouf Fofana: Striker Timnas Perancis yang Pernah Jadi Pengantar Pizza
Youssouf Fofana adalah pemain Timnas Perancis yang punya posisi sebagai striker. Fofana ternyata pernah jadi pengantar pizza sebelum karis sepak bolanya cemerlang. Foto: Repro Yoursay.suara.com

" Youssouf Fofana berhasil tunjukan performa terbaiknya hingga bisa berkontribusi besar dalam membawa Timnas Perancis maju ke babak final Piala Dunia 2022. Striker Timnas Perancis yang satu ini rupanya memiliki cerita hidup yang berliku hingga bisa bermain di lapangan hijau seperti sekarang "

JAKARTA, TELISIK.ID - Youssouf Fofana berhasil tunjukan performa terbaiknya hingga bisa berkontribusi besar dalam membawa Timnas Perancis maju ke babak final Piala Dunia 2022. Striker Timnas Perancis yang satu ini rupanya memiliki cerita hidup yang berliku hingga bisa bermain di lapangan hijau seperti sekarang.

Dikutip dari kompas.com, jauh sebelum menjadi bagian dari Timnas Perancis, perjuangan Youssouf Fofana tak mulus. Pada 2014 atau saat Fofana berusia 15 tahun, dia tak kunjung mendapatkan klub begitu lulus dari akademi Clairefontaine. Pada masa itu, Fofana sempat bekerja sebagai tukang antar piza untuk menyambung hidup.

"Saya perlu mencari pekerjaan dengan gaji bagus. Sulit dibayangkan saat ini, namun saat itu saya mengantar piza. Itu lucu dan berjalan selama beberapa bulan," ujar Fofana.

Baca Juga: Pemain Timnas Maroko Zakaria Aboukhlal Ternyata Hafidz Quran

Meski begitu, ia merasa senang untuk mengenas masa-masa sulitnya tersebut, hal itu yang menurutnya selalu mengingatkan ia untuk terus membumi. Bahkan, pada satu titik Fofana nyaris menyerah dan meninggalkan sepak bola. Dia sempat ingin fokus kepada studinya saja.

"Enam bulan sebelum ujian persiapan menuju kuliah, saya bilang saya berhenti. Saya fokus ke sekolah," kata Fofana.

Baca Juga: Intip Profil Bupati Meranti yang Berseteru dengan Kemenkeu

Dilansir dari cnbc.com, kesabaran dan ketekunan Fofana berbuah manis ketika tim liga satu Strasbourg menawarinya tempat di akademi muda mereka pada Februari 2017. Sekitar setahun kemudian, dia melakukan debut profesionalnya dengan Strasbourg pada 24 Agustus 2018 dalam pertandingan yang dimenangkan oleh Lyon dengan skro 2-0. Setelah itu, Fofana dipercaya mewakili Prancis di level U-19, U-20, dan U-21.

Selama Piala Dunia 2022, Fofana mulanya hanya duduk di bangku cadangan, namun akhirnya dia dimainkan di setiap pertandingan kecuali perempat final sejauh ini. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga