Kenali Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula bagi Tubuh

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 18 Desember 2023
0 dilihat
Kenali Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula bagi Tubuh
Kenali manfaat dan efek samping saat mengonsumsi kopi bagi kesehatan tubuh. Foto: Kompashealth.com

" Minuman kopi jadi salah satu minuman yang sangat populer di kalangan remaja maupun orang tua. Namun sebagian orang meminum kopi dengan tambahan berbagai rasa, seperti susu, atau gula. Padahal, kopi yang memiliki manfaat untuk kesehatan adalah kopi tanpa gula "

KENDARI, TELISIK.ID - Minuman kopi jadi salah satu minuman yang sangat populer di kalangan remaja maupun orang tua. Namun sebagian orang meminum kopi dengan tambahan berbagai rasa, seperti susu, atau gula. Padahal, kopi yang memiliki manfaat untuk kesehatan adalah kopi tanpa gula. 

Kopi tanpa gula juga dikenal sebagai kopi hitam. Ada berbagai manfaat kopi tanpa gula, di antaranya untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan metabolisme dan menjaga kebugaran tubuh.

Kopi tanpa gula dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain:

1. Kurang Kalori: Mengonsumsi kopi tanpa gula membantu mengurangi asupan kalori tambahan dari gula dan krim, mendukung penurunan berat badan.

Baca Juga: Apakah Beras Perlu Dicuci Sebelum Dimasak? Ini Penjelasan Ilmiahnya

2. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi tanpa penambahan gula.

3. Kopi mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

4. Tanpa gula, kopi tidak memberikan pemutaran gula darah yang tajam, bermanfaat bagi yang memiliki masalah gula darah.

5. Tanpa gula, kopi memiliki efek lebih sedikit terhadap kesehatan gigi, mengurangi risiko kerusakan gigi.

Namun penting untuk diketahui bahwa mengonsumsi kopi secara berlebihan, bahkan tanpa gula, juga dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Dilansir dari halodoc.com, walaupun kopi tanpa campuran  memiliki banyak manfaat, tapi efek sampingnya juga tidak dapat dibantah. Namun, kondisi tersebut dapat muncul jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Berikut efek samping minum kopi berlebih yang perlu diketahui:

Baca Juga: Ciri-Ciri Alat Kosmetik dan Skincare Mengandung Bahan Berbahaya

1. Terlalu banyak minum kopi hitam dapat melepaskan hormon stres dalam kadar tinggi di tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan kecemasan dan stres.

2. Asupan kopi hitam berlebihan dapat merusak rutinitas tidur. Sebaiknya hindari minum kopi beberapa jam sebelum tidur, agar tidur lebih nyenyak.

3. Kopi hitam banyak mengandung kafein dan asam, sehingga konsumsi berlebihan dapat menyebabkan keasaman di perut. Akibatnya, kamu akan mengalami kram dan kejang perut. 

4. Terlalu banyak minum kopi hitam juga dapat membuat tubuh sulit menyerap mineral dari makanan, seperti zat besi, kalsium, dan zinc. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga