Kepala Daerah Bombana Tingkatkan Kematangan Organisasi Melalui Evaluasi Kematangan

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Selasa, 04 Juni 2024
0 dilihat
Kepala Daerah Bombana Tingkatkan Kematangan Organisasi Melalui Evaluasi Kematangan
Kepala OPD Kabupaten Bombana mengikuti evaluasi tingkat kematangan organisasi. Foto: Ist.

" Dalam upaya mewujudkan organisasi perangkat daerah yang tepat fungsi, tepat proses dan tepat ukuran dan menambah nilai reformasi birokrasi, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bombana mengadakan kegiatan pendampingan penilaian tingkat kematangan organisasi serta kelembagaan "

BOMBANA, TELISIK.ID - Dalam upaya mewujudkan organisasi perangkat daerah yang tepat fungsi, tepat proses dan tepat ukuran dan menambah nilai reformasi birokrasi, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bombana mengadakan kegiatan pendampingan penilaian tingkat kematangan organisasi serta kelembagaan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lingkungan Pemda Bombana yang bertempat di ruang rapat Kantor Bupati, Selasa (4/6/2024).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana, Man Arfa mengatakan, kegiatan ini tentunya sesuai dengan aturan yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 20 tahun 2018 tentang pedoman evaluasi kelembagaan instansi pemerintah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 99 tahun 2018 tentan pembinaan dan pengendalian penataan perangkat daerah.

Baca Juga: Pj Bupati Bombana Hadir pada Rakornas Pengawasan Intern

Man Arfa mengharapkan seluruh perangkat daerah untuk mendukung penuh kegiatan evaluasi kelembagaan ini dan mempersiapkan data yang diperlukan dalam proses evaluasi dan berkoordinasi dengan dengan bagian organisasi.

Jika ada kendala terkait evaluasi, kata dia, agar dapat ditangani secara tepat, cepat dan tuntas.

“Kegiatan ini akan membantu memberikan penjelasan terkait peringkat komposif organisasi agar lebih professional dengan karakter adaptif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih, serta mampu melayani public secara netral dan berdedikasi dengan tetap memegang teguh nilai-nilai dasar serta kode etik aparatur negara,” tandas Man Arfa.

Materi kegiatan pendampingan penilaian tingkat kematangan organisasi serta evaluasi ini dibawakan langsung oleh Satriavi Indra Lestari, yang menjabat sebagai Analis Data dan Informasi FKKPD.

Baca Juga: BKPSDM Bombana Koordinasi ke PT Taspen Terkait PPPK

Pada kesempatan ini, Satriavi mengatakan bahwa hal ini merupakan perwujudan tata pemerintahan yang baik (Good Government) yang adalah harapan semua pihak.

Menurut Satriavi, ada beberapa tahapan pokok evaluasi kelembagaan instansi pemerintah yaitu meliputi persiapan, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, serta laporan evaluasi.

“Suatu organisasi dituntut untuk bersikap dinamis, harus responsive terhadap perubahan lingkungan internal maupun eksternal. Evaluasi ini dilakukan agar organisasi bisa berjalan secara efektif,” tutur Satriva. (C-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga