Kepulauan Buton Bakal Gelar Konser Gambus Indonesia Raya

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 08 Juli 2021
0 dilihat
Kepulauan Buton Bakal Gelar Konser Gambus Indonesia Raya
Tim Kreatif KGIR, Saleh Hanan (kiri) dan pamflet pelaksanaan Konser Gambus Indonesia Raya (kanan). Foto: Ist.

" Tim Kreatif KGIR, Saleh Hanan menuturkan, pelaksanaan konser gambus bakal digelar menjelang perayaan HUT ke-76 RI, tepatnya pada 12 Agustus 2021 mendatang secara virtual "

KENDARI, TELISIK.ID - Seni tradisional gambus kembali bergema dalam Konser Gambus Indonesia Raya (KGIR) di wilayah Kepulauan Buton.

Populernya seni tradisional gambus di Nusantara membuat para seniman mengadakan konser secara virtual dengan menyajikan lagu Indonesia Raya.

Tim Kreatif KGIR, Saleh Hanan menuturkan, pelaksanaan konser gambus bakal digelar menjelang perayaan HUT ke-76 RI, tepatnya pada 12 Agustus 2021 mendatang secara virtual.

Katanya, seni tradisional gambus sangat populer di Nusantara, kemudian menjadi hiburan rakyat dan kabanti atau lagu-lagu yang diiringi gambus mengandung pesan personal maupun umum. Biasanya tentang rasa cinta dan keindahan.

"Adapun lagu Indonesia Raya selalu membangkitan semangat kebangsaan setiap didengar apalagi dinyanyikan," kata Saleh Hanan baru-baru ini.

Lebih lanjut kata dia, tujuan KGIR digelar guna memperkenalkan kesenian tradisional gambus dan kabanti sebagai media komunikasi ketahanan budaya bangsa Indonesia.

Selain itu juga memperkenalkan khasanah potensi daerah dalam kawasan Kepulauan Buton Provinsi Sulawesi Tenggara melalui kesenian gambus.

"Juga untuk meningkatkan image seniman tradisional gambus dan kabanti sebagai komunikator populer," terangnya.

Baca Juga: Temukan Banyak Pekerja Masuk Kantor, Anies Ancam Tindak Perusahaan Langgar PPKM Darurat

Baca Juga: Sepi Pengunjung, Wakatobi Optimis Sambut Kembali Wisatawan Pasca Pandemi

Pada acara tersebut, masing-masing daerah peserta menampilkan video dalam durasi 5 menit, mengenai potensi lokal ikonik dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Saat konser, semua seniman gambus daerah peserta berada pada tempat yang dipilih sebagai lokasi siaran di daerah masing-masing mengiringi lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan partisipan setempat maupun virtual.

"Pembukaan KGIR sendiri dilakukan oleh Guber Sultra," ujarnya.

Untuk diketahui, Konser Gambus Indonesia Raya diikuti oleh enam daerah di Kepulauan Buton, yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Utara, Buton Selatan, Buton Tengah dan Wakatobi. (C)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga