Ketua DPRD Apresiasi Keberhasilan Pemda Kolut Raih WTP ke Enam

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 30 Juni 2020
0 dilihat
Ketua DPRD Apresiasi Keberhasilan Pemda Kolut Raih WTP ke Enam
Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel.,M.Si (kanan). Foto: Muh. Risal/Telisik

" Kita sangat bangga dengan capain ini dan semoga kedepannya bisa dimaksimalkan sehingga dapat mencapai 90 persen. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra). mengapresiasi keberhasilan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Utara di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH-H. Abbas, SE yang berhasil meraih sekaligus mempertahankan penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selam 6 kali berturut-turut.

Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel.,M.Si mengungkapkan, opini WTP yang telah diraih tersebut, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHPBPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kolaka Utara, tahun 2019. WTP merupakan predikat tertinggi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas prestasi yang telah diraih pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dalam sistem pengelolaan keuangan daerah.

"Penghargaan Opini merupakan penghargaan tertinggi dan terbaik dalam hal Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan untuk  Kabupaten Kolaka Utara, ini penghargaan yang ke 6 kali diraih secara berturut-turut sejak tahun 2014 sampai 2019 dan capaian ini patut kita apresiasi," kata Buhari, Selasa (30/6/2020).

"Mudah-mudahan prestasi ini bisa dipertahankan ditahun-tahun mendatang yang kemudian diikuti dengan perbaikan sesuai dengan bimbingan, koreksi, dan rekomendasi BPK Perwakilan Sultra dalam rangka perbaikan kualitas dan mutu laporan keuangan serta pembinaan dan asistensi baik dalam pembinaan SPI, pengelolaan keuangan dan aset daerah maupun kegiatan pelatihan sehingga kedepannya lebih baik lagi," lanjutnya.

Tidak hanya itu, menurut Buhari penghargaan yang telah diraih tersebut membuktikan jika menejemen pemerintahan maupun sistem pengelolaan keuangan daerah di masa pemerintahan H. Nur Rahman Umar-H. Abbas saat ini cukup bagus.

Baca juga: Pemkab Buton Utara Tiga Tahun Berturut-turut Raih WTP

"Saya pikir penghargaan opini dari BPK RI ini, merupakan wujud dari tekad yang kuat selama ini dijalankan Pemkab Kolaka Utara dalam membangun Sistem Tatakelola Pemeritahan yang baik (Good Governance) dan Tatakelola Pemerintahan yang Bersih (Clean Governance) dan kita berharap kedepannya lebih ditingkatkan lagi," terangnya.

Walaupun kemarin berdasarkan masukan dari BPK Perwakilan Sultra, ada dua item yang perlu dimaksimalkan yakni, belanja langsung  yang masih sekitar 80 persen dan pengelolaan aset daerah 87 persen. Tapi secara keseluruhan menurut Kader Partai Demokrat ini, sudah baik dan kedepannya bisa dimaksimalkan sehingga bisa mencapai 90 persen.

"Kita sangat bangga dengan capain ini dan semoga kedepannya bisa dimaksimalkan sehingga dapat mencapai 90 persen," pungkasnya.

Alumnus Universitas Hasanuddin ini berharap, apa yang telah diraih oleh Pemkab Kolaka Utara akan menjadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah demi mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di bumi Patowonua sebagai salah satu agenda reformasi birokrasi.

Sebagi informasi Penghargaan Opini WTP ini diterima langsung oleh Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH dari Kepala BPK Perwakilan Sulawesi Tenggara, M. Ali Asyhar, SE.,AK.CSFA.CA yang disaksikan langsung oleh Ketua DPRD Kolaka Utara, Buhari, S.Kel.,M.Si dan Sekretaris Daerah, Taufiq S. SP.,MM

di Kantor BPK Perwakilan Sulawesi Tenggara. Pada hari Rabu ( 24/6/2020 ) pekan lalu.

Raihan WTP ini merupakan yang ke-tiga kalinya, sejak kepemimpinan H. Nur Rahman Umar dan H. Abbas terhitung sejak tahun 2017 hingga 2019 dan ke-enam kali secara berturut-turut sejak tahun 2014 samapi 2019.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Sumarlin

Baca Juga