Ketua KPU Tanjung Balai Mundur Gegara jadi Tim Pemenangan Capres Ganjar Pranowo

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Selasa, 11 Juli 2023
0 dilihat
Ketua KPU Tanjung Balai Mundur Gegara jadi Tim Pemenangan Capres Ganjar Pranowo
Komisioner KPU Sumatera Utara Divisi SDM, Mulia Banurea ketika diwawancarai awak media terkait pengunduran diri Ketua KPU Tanjung Balai. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Ketua KPU Kota Tanjung Balai, Luhut Parlinggoman Siahaan mengundurkan diri dari jabatannya. Alasannya, dikarenakan masuk dalam tim pemenangan nasional Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden Republik Indonesia "

MEDAN, TELISIK.ID - Ketua KPU Kota Tanjung Balai, Luhut Parlinggoman Siahaan mengundurkan diri dari jabatannya. Alasannya, dikarenakan masuk dalam tim pemenangan nasional Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden Republik Indonesia.

Ketika dikonfirmasi, Luhut Parlinggoman Siahaan mengakui itu. Bahkan dia mengaku, tertarik dengan sosok Ganjar yang dipilih oleh PDIP sebagai calon presiden di Pemilu 2024 mendatang.

"Iya, saya sudah menyatakan mundur sebagai Ketua KPU Tanjung Balai. Mau fokus sebagai tim pemenangan Capres Ganjar Pranowo," ucapnya, kepada Telisik.id, Selasa (11/7/2023) siang.

Baca Juga: Berkas Pencalonan Bacaleg 18 Parpol Dikembalikan KPU Sumatera Utara

Luhut mengaku sudah mengirim atau menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Ketua KPU Tanjungbalai sejak 7 Juli 2023.

"Surat pengunduran diri sudah saya serahkan ke KPU Provinsi Sumatera Utara yang ditembuskan di KPU Pusat. Untuk perkembangan silahkan komunikasi ke KPU," tambahnya.

Diakuinya, ada target yang ingin dicapainya dengan usia yang masih kategori muda ini.

"Jadi, saya manfaatkan usia saya untuk target yang lebih besar lagi. Yaitu masuk tim pemenangan capres dan mendukung Pak Ganjar Pranowo. Selain itu, saya juga fans dan lihat elektabilitasnya bagus," tuturnya.

Kemudian, Luhut juga mengaku ingin menjadi pemain langsung dalam dunia perpolitikan di Indonesia ini.

"Saya manfaat usai yang masih kategori anak muda. Saya tidak pernah berpolitik. Selama ini hanya menjadi penyelenggara, saatnya menjadi pemain dan berpolitik. Mudah-mudahan setelah Ganjar terpilih, saya bisa mendapatkan suatu kebaikan ke depannya," terangnya.

Terpisah, Komisioner KPU Sumatera Utara Divisi SDM, Mulia Banuera, membenarkan adanya surat pengunduran diri Luhut dari jabatan Ketua KPU Tanjung Balai.

"Iya, surat pengunduran diri Luhut sebagai Ketua KPU Kota Tanjung Balai sudah diterima oleh KPU Sumatera Utara. Surat itu masih berproses di internal komisioner," ucapnya.

Selanjutnya, Mulia Banurea mengaku, Luhut Parlinggoman tidak ikut mendaftar sebagai anggota KPU Kota Tanjung Balai dan memilih mendaftarkan sebagai anggota KPU Sumatera Utara.

Baca Juga: Butuh Logistik Banyak di Pemilu, KPU Jawa Timur Butuh Dukungan Hibah

"Tapi saat seleksi pemilihan anggota KPU Sumatera Utara, yang bersangkutan (Luhut Siahaan) tidak lolos," tambahnya.

Selain itu, Mulia mengaku ada tiga alasan yang membuat Luhut Siahaan mundur sebagai Ketua KPU Kota Tanjung Balai. Di antaranya terpilih sebagai tim pemenangan capres.

"Alasannya karena yang bersangkutan telah menjadi advokat di salah satu Kantor Hukum di Jakarta. Terpilih menjadi ketua umum salah satu organisasi pimpinan pusat relawan pemenangan salah satu bacapres, dan sedang proses pengangkatan sebagai mediator Non Hakim pada Pengadilan Agama Tigaraksa Tangerang," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga