KNPI Siap Dukung KPU dan Bawaslu Sukseskan Pilkada 2020

Siswanto Azis, telisik indonesia
Kamis, 26 November 2020
0 dilihat
KNPI Siap Dukung KPU dan Bawaslu Sukseskan Pilkada 2020
Suasana pelaksanaan Webinar Pemilukada. Foto: Amsar/Telisik

" Ini dua prinsip yang bertolak belakang dan tugas berat penyelenggara. Menjadi tugas kita bersama untuk kesuksesan Pilkada 2020. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), menggelar diskusi Pilkada dalam bentuk Webinar, Kamis (26/11/2020).

Kegiatan yang mengangkat tema Pemuda Sukseskan Pemikukada 2020 ini menghadirkan beberapa narasumber, baik dari pihak Bawaslu maupun KPU.

Ketua Bawaslu RI Abhan menjelaskan, pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia dan rakyat Indonesia akan menyelenggarakan Pilkada di 270 daerah ini.

“Ini dua prinsip yang bertolak belakang dan tugas berat penyelenggara. Menjadi tugas kita bersama untuk kesuksesan Pilkada 2020,” katanya.

Dalam kegiatan tarsebut, DPP KNPI menghadirkan Narasumber dari Ketua KPU RI Areif Budhiman, Ketua Bawaslu RI Abhan Misbah, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Anggota DPR RI Arteria Dahlan dan Pengurus DPP KNPI.

Abhan melanjutkan, langkah Bawaslu mewujudkan Pilkada 2020 adalah menegakkan hukum Pemilu. Dan Bawaslu mendorong peserta hadir dan partisipasi masyarakat bisa menjalin kerjasama dengan lembaga lain.

Baca juga: Edhy Prabowo Mundur, PPP Sebut Peluang Jokowi Lakukan Reshuffle

“Tapi peran pemuda juga penting di tengah pandemi COVID-19 termasuk DPP KNPI. Mereka harus mengawal pelaksanaan Pilkada 2020. Kami mendorong DPP KNPI untuk menjadi pemantau di daerah yang memiliki calon tunggal karena pemantau bisa menggugat hasil Pilkada,” terangnya.

Sementara itu, DPP KNPI, Haris Pertama mengajak kalangan pemuda dan kaum milineal untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada Serentak 2020 di tengah Pandemi COVID-19.

“Kesuksesan Pilkada 2020 adalah kesuksesan demokrasi di Indonesia. Pilkada kali ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Jadi tantangannya berbeda di saat pandemi COVID-19,” ungkap Ketua Umum KNPI Haris Pertama.

Lebih lanjut, Haris menegaskan, KNPI berkomitmen untuk mengajak para pemuda seluruh tanah air untuk dapat menjaga kondusifitas dan juga menjaga Pilkada agar bisa berlangsung aman dan damai.

“Dan juga menjaga Pilkada 2020 bebas dari COVID-19 dan claster baru," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU RI Arif Budiman mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya KNPI untuk membantu KPU agar bisa terlaksana Pilkada 2020 sukses dan aman di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Pangkat Calon Kapolri Tak Masalah, DPR Sebut Sehari Bisa Naik

“KPU tidak bisa bekerja sendiri sangat sulit. Oleh sebab itu kita bersama teman-teman KNPI bisa membantu terlaksananya Pilkada 2020 agar berjalan sukses,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat agar tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan di tengah pandemi. Hal ini perlu di perhatikan dengan mengeluarkan aturan KPU seperti terkait kampanye.

“Kampanye dalam bentuk rapat umum dilarang. Dan yang paling penting adalah pada saat pemungutan suara pemilih akan diatur jam kedatangannya. KNPI dalam hal ini bisa membantu sosialisasi ke masyarakat,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal DPP KNPI Jackson Kumaat mengapresiasi anggota KPU dan Bawaslu yang terus bekerja dan menjalankan semua tahapan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020.

Kackson melihat pentingnya demokrasi yang harus sehat, kompetisi wajib harus ketat dan jika ada pemenang itulah pilihan rakyat.

“Kami mengapresiasi teman-teman KPU dan Bawaslu yang berani bekerja di tengah pandemi COVID-19,” ujar Jackson, Kamis (26/11/2020). (A)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga